Orangtuanya Gemuk, Anak Juga Ikut Gemuk – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Orangtuanya Gemuk, Anak Juga Ikut Gemuk

ilustrasi

ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id Selama ini, risiko gemuk pada anak-anak yang lahir dari orangtua gemuk lebih banyak dikaitkan dengan kebiasaan. Misalnya, orangtua yang gemuk jarang olahraga dan makanannya tidak sehat, sehingga anak-anaknya cenderung meniru dan akhirnya ikut-ikutan gemuk.

Peneliti utama dalam riset tersebut, Dr Tod Fullston mengatakan, dalam kenyataannya tak selalu demikian. Beberapa anak yang lahir dari orangtua gemuk, tetap saja susah mendapatkan tubuh ramping meski tak meniru kebiasaan orangtuanya yang tidak sehat.

Untungnya menurut Dr Fullston, penanda molekular pada sperma para ayah yang gemuk tak bersifat permanen. Sebelum spermanya membuahi sel telur, penanda molekular tersebut bisa diperbaiki dengan mengubah diet atau pola makan menjadi lebih sehat.

‘’Saran saya adalah, para pria obesitas yang hendak punya keturunan sangat bisa memperbaiki kesehatan keturunannya, jika mereka melakukan sesuatu terkait berat badannya melalui diet dan olahraga. Dengan melakukan hal ini, maka diharapkan bisa memiliki dampak positif pada masa depan anak dan cucu mereka,’’ kata Dr Fullston.

Sementara itu, jika Anda mengalami kelebihan berat badan, berhati-hatilah. Pasalnya, selain risiko serangan penyakit kardiovaskular (jantung), menurut studi terbaru, obesitas juga menjadi faktor risiko untuk penyakit tulang rapuh atau osteoporosis.

Hal ini dibuktikan para peneliti AS yang telah menemukan orang dengan berat badan berlebih secara langsung menyimpan lemaknya di dalam tulang mereka sehingga menyebabkan lemah dan rentan terhadap patah tulang. (nhk)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top