Keganjilan Pembelian RS Sumber Waras Makin Terkuak – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Keganjilan Pembelian RS Sumber Waras Makin Terkuak

Kepala BPK RI, Harry Azhar Asis

Kepala BPK RI, Harry Azhar Azis

 kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA—Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Harry Azhar Aziz menilai pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta tidaklah lazim.

Dari hasil auditnya, pembayaran dilakukan dengan menggunakan cek pecahan kecil sebesar Rp 20 juta. Padahal, pemerintah biasa melakukan pembayaran melalui transfer.

“Ceknya ada uang kecil Rp 20 juta sampai Rp 50 juta,” kata Harry dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Sabtu (16/4).

Harry memaparkan, pencairan cek dilakukan Pemprov melalui Bank DKI pada 31 Desember 2014. Menurutnya, pencairan cek terkesan dipaksakan karena dilakukan pada pukul 19.00 WIB.

“Saat jam operasional bank sudah tutup. Apa itu lazim? Kenapa tidak ditransfer? Kenapa dibawa-bawa?,” tutur Harry.

Lebih jauh Harry menyebut, BPK sudah mengetahui siapa yang memerintahkan supaya uang dimasukkan ke dalam cek dan diserahkan pada 31 Desember 2014. Namun, dia enggan membukanya. “Bola sudah tidak lagi di tangan BPK, tapi di tangan penendang bola selanjutnya,” tegasnya.

Sebelumnya, ‎BPK menilai pembelian lahan RS Sumber Waras oleh Pemprov DKI Jakarta terdapat enam penyimpangan.

Enam penyimpangan itu adalah penyimpangan dalam tahap perencanaan, penganggaran, tim, pengadaan pembelian lahan RS Sumber Waras, penentuan harga, dan penyerahan hasil.

Menurut BPK, proses pembelian itu tidak sesuai dengan prosedur dan Pemprov DKI membeli dengan harga lebih mahal dari seharusnya sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 191 miliar.

Menindaklanjuti audit investigasi BPK, KPK pun mulai menyelidiki dugaan penyimpangan tersebut. Terbaru, KPK meminta keterangan Ahok. Dengan nada sarkas, Ahok pun menilai audit yang dilakukan BPK itu tidak tepat atau ngaco.(put/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top