Alamak, Ada 601 Koperasi Di Sultra Tidak Sehat – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Alamak, Ada 601 Koperasi Di Sultra Tidak Sehat

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI–  Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, terdapat 601 koperasi dari  4 ribu-an  jumlahnya yang kondisinya sakit-sakitan atau mati suri. Meskipun masih memiliki izin, tapi sudah tidak ada aktivitas bahkan ada yang tinggal papan nama saja. Untuk memastikan keberadaan koperasi, pemerintah akan melakukan verifikasi. Bukan hanya dalam memberikan masukan bagi pemerintah untuk melakukan pembinaan atau bantuan, namun juga pencabutan izin bagi koperasi yang benar-benar sudah tidak aktif.

andi pili

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, La Ode Andi Pili mengatakan pemerintah saat ini tengah giat-giatnya mengkampanyekan penguatan koperasi dengan target penambahan minat warga untuk menjadi anggota koperasi dan peningkatan kualitas manajemen. Makanya, dalam beberapa tahun terakhir pemerintah fokus melakukan pembinaan terhadap koperasi yang sakit. Tak heran, jumlah koperasi yang sehat terus bertambah.

“Setiap tahun jumlah koperasi yang sakit terus berkurang. Hal ini tak lepas dari upaya pemerintah melakukan pembinaan. Mulai dari pembinaan keanggotaan, manajemen lembaga dan kepengurusan termasuk menyusun laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Namun bagi koperasi yang tidak kooperatif atau sakitnya sudah parah, kemungkinan akan dicabut saja izinnya. Agar fasilitas dan distribusi bantuan dan pendampingan yang dilakukan pemerintah benar-benar efektif dan efisien,” jelas Andi Pili kemarin. (mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top