Wow, Rp 63 M Utang PDAM Diputihkan Negara – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Wow, Rp 63 M Utang PDAM Diputihkan Negara

kendaripos.fajar.co.id. KENDARI– Kementerian Keuangan telah memutuskan untuk melakukan penghapusan (pemutihan) atas utang Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di seluruh Indonesia. Kebijakan yang dikeluarkan dalam bentuk keputusan presiden tersebut pun langsung disambut baik pemerintah daerah, termasuk Pemkot Kendari.

images

Wali Kota Kendari, Ir. H. Asrun mengatakan, PDAM Tirta Anoa Kendari merupakan salah satu perusahan pelayanan air bersih yang terus tersandung utang. Pemutihan tentu menjadi solusi terbaik untuk peningkatan pelayanan PDAM pada konsumen. “Kita bersyukur, ini sangat membantu. Karena selama ini utang PDAM kita lumayan besar pada negara. Kalau sudah bisa diputihkan, maka bisa fokus pada pelayanan, seharusnya bisa lebih maksimal,” harap wali kota dua periode itu.

Dia meminta manajemen perusahaan segera mempercepat pengurusan dokumen pemutihan yang menjadi persyaratan itu. “Saya belum tanya PDAM, kalau bisa harus secepatnya diselesaikan, jangan sampai kita kehilangan kesempatan,” tambahnya. Sementara itu, Direktur Utama PDAM Tirta Anoa Kendari, Damin menyebutkan, pihaknya berutang pada negara sebesar Rp 63 miliar. Utang itu tercatat sejak tahun 1991 lalu saat pembukaan jaringan pipa pertama dari sumber air Pohara.

“Dana ini akan diserahkan ke kas daerah dalam bentuk hibah tetapi Rp 0 cash. Jadi seolah-olah pemerintah memberikan bantuan, tapi dana hibah itu sudah kita gunakan,” terang Damin. Soal persyaratan pemutihan, semuanya tengah dilengkapi. Pemerintah pusat dalam hal ini kementerian keuangan memberi waktu hingga tahun ini. “Data-data terkait persyaratan hibah sudah ada, termasuk pernyataan antara pemerintah daerah dan DPRD terkait penerimaan hibah itu. Tahun ini sudah bisa terpenuhi semuanya,” ungkapnya. (c/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top