Jauhi Penyakit HIV/AIDS, Bukan Penderitanya – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Jauhi Penyakit HIV/AIDS, Bukan Penderitanya

 

Mahasiwa FKM UHO tampak antusias mengikuti dialog interaktif bersama ODHA, Rabu (13/4/2016)

Mahasiwa FKM UHO tampak antusias mengikuti dialog interaktif bersama ODHA, Rabu (13/4/2016). foto:ist/kendari pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo (FKM-UHO) menggelar dialog interaktif bersama Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di ruang kuliah fakultas tersebut, Rabu (13/4/2016). Kegiatan bertema “Jauhi Penyakit, Bukan ODHA” itu menghadirkan langsung salah seorang penderita HIV/AIDS (ODHA), Widjayanto.

Pada dialog perdana yang digelar di Kampus Hijau Andounuhu tersebut, Widjayanto memberikan pemahaman bahwa mereka yang terinfeksi HIV/AIDS tidak perlu dijauhi.”Bukan ODHA yang dijauhi, tapi penyakitnya karena siapapun tidak pernah bercita-cita terinfeksi virus ini. Olehnya jauhi sumber-sumber penularannya,” ungkap Widjayanto, yang biasa disapa Cak Gareng ini.

Agar masyarakat, khususnya mahasiswa dan dosen di lingkup UHO tak ragu dengan pernyataannya itu, Widjayanto pun mengulas detail terkait bagaimana penularan HIV/AIDS dan bagaimana menyikapinya.

Sementara Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat, La Ode Ali Imran SKes MKes, mengungkapkan dialog interaktif bertujuan mensosialisasikan tentang HIV/AIDS sekaligus menghapus stigma masyarakat tentang ODHA. Kegiatan yang didukung oleh Ikatan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Sultra, ini merupakan tindakan lanjut dari permintaan IAKMI Pusat. “Kami support dan telah menyampaikan hal ini ke Pemprov Sultra dan Pemkot Kendari serta akademik khususnya di FKM UHO. Harapannya, HIV/AIDS ini bisa diantisipasi, sehingga generasi muda atau siapapun dia tidak tertular atau menjadi penular virus yang mematikan ini. Jadi bukan ODHA nya yang dijauhi, penyakitnya yang harus dihindari,” terang Ketua Pengda IAKMI Sultra ini.

Sementara itu, mahasiswa FKM tampak antusias mengikuti dialog interakfif bersama Widjayanto. Mereka juga berjabat tangan dengan ODHA ini tanpa khawatir tertular karena telah menerima pemahaman tentang proses penularan HIV/AIDS. (Emilia Ningsih)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top