Siapa Bupati Muna Terpilih? Tunggu ini… – Kendari Pos Online
HEADLINE NEWS

Siapa Bupati Muna Terpilih? Tunggu ini…

KENDARINEWS.COM, JAKARTA- Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Muna masih menunggu Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) Mahkamah Konstitusi (MK). Setelah KPU Muna menyerahkan laporan hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU), MK masih akan melanjutkan sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Kepala Daerah (PHPKada) untuk menentukan pemenang Pilkada Muna. Berkas hasil PSU tiga TPS telah sampai ke tangan hakim. Namun belum ada jadwal RPH, apalagi jadwal sidang putusan PHPKada Muna.

1-PSu

MK meminta masyarakat bersabar dan menunggu hasil RPH. “Kemarin (beberapa waktu lalu, red) kan sudah dimasukkan laporannya. Kini berkas tersebut sudah berada di tangan hakim untuk dibahas dalam RPH nantinya. Untuk RPH sendiri sampai saat ini belum terjadwal karena masih dalam tahap pembahasan. Mungkin setelah dibahas berkas-berkas tersebut barulah jadwal RPH bisa ditentukan,” ungkap Fajar Laksono, juru bicara MK saat ditemui di Jakarta, Senin (4/4).

BACA JUGA :  Bully dan Masalah Asmara bisa jadi Awal Gangguan Jiwa

Soal sidang putusan final, kata Fajar, masih harus menunggu hasil RPH terlebih dulu. “Setelah RPH baru ketahuan sidang kapan. Apakah nanti langsung diputus atau bagaimana, itu tergantung dari keputusan 9 hakim,” katanya.

Soal putusan PSU di 3 TPS di Muna Fajar mengungkapkan hal itu berdasarkan penilaian hakim yang memandang di 3 TPS tersebut terjadi masalah dan diharuskan untuk dilakukan PSU. Hal itu tertuang jelas dalam amar putusan yang dibacakan oleh hakim MK pada saat sidang putusan sela lalu. Pada prinsipnya, hasil dari Pilkada Muna nantinya akan menggabungkan antara hasil Pilkada 9 Desember dan hasil PSU di 3 TPS tersebut.

BACA JUGA :  Catat... Sampai Detik Ini Fahri Hamzah Masih Wakil Ketua DPR RI

“Dari keseluruhan TPS yang berada di Muna hanya 3 yang dinilai bermasalah dan harus diulang. Sementara TPS yang lain dianggap sah. Untuk itu nanti hasil dari PSU di tiga TPS tersebut akan diakumulasikan dengan TPS yang tidak bermasalah yang telah dilakukan pemungutan suara pada 9 Desember lalu,” jelasnya. (yog/c)

Komentar

komentar

BACA JUGA :  Selain Dibui, Daeng Azis Akhirnya Bangkrut

Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top