Waspada, Ada Hujan Disertai Angin Kencang – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Waspada, Ada Hujan Disertai Angin Kencang

KENDARINEWS.COM, KENDARI– Kondisi cuaca pada sebagian besar wilayah Indonesia memasuki bulan April ini diprediksi cenderung ekstrem.

ani cuaca

Berdasarkan perkiraan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada 9 provinsi berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Sultra menjadi salah satu provinsi yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem hingga tanggal 5 April.

Sementara ke-8 provinsi lainnya yakni, Bangka Belitung, Sumatera Selatan bagian Timur, Lampung, DI Yogjakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah bagian selatan atau yang berbatasan dengan Sultra serta Papua Barat.

BACA JUGA :  Apes, Wanita Ini Kena Jambret, Tas pun Melayang

Kasie Observasi dan Informasi Station Metereologi Maritim Kendari, Aris Yunatas mengatakan hujan diprediksi akan melanda Kendari pada tanggal 4 sampai 5 April. Di beberapa daerah di Sultra intensitas cenderung meningkat antara 150 hingga 300 milimeter.

Makanya, pekan ini hampir setiap hari Kendari diprediksi turun hujan. Hanya saja, hujan yang turun tidak merata, terkadang pagi, siang atau malam yang kerap disertai angin kencang.

BACA JUGA :  Wow. Sudah 291 Korban DBD di Kota Kendari

Ia menghimbau masyarakat lebih waspada. Hujan yang meningkat ini disertai angin kencang dengan kecepatan angin rata-rata 30 kilometer perjam. Apalagi bila melihat awan Columusnimbus (CB). Awan ini tidak hanya membawa hujan tapi juga disertai angin kencang dan petir. Adanya pergolakan angin yang bertiup secara berlawanan dari atas dan bawah atmosfir menyebabkan turbulensi. Makanya, sebelum hujan turun, kecepatan angin bisa mencapai 48 kilometer perjam.

BACA JUGA :  Hari Ini Dialog Publik Jasa Raharja-Kendari Pos

“Dengan masih tingginya potensi curah hujan, masyarakat diimbau tetap waspada dan siaga. Terutama di daerah pantai atau ketinggian. Hal ini untuk mengantisipasi terjadi angin kencang, banjir dan tanah longsor,” jelasnya. (c/mal)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top