Pariwara
HEADLINE NEWS

Waduh….Kabupaten ini Diserang Wabah TBC

KENDARINEWS.COM, MALANG—Dinas Kabupaten Malang memastikan saat ini wilayah tersebut belum bebas dari serangan Tubercolosis (TB). Menurut data, ada 10.225 orang suspek (mengalami gejala) penyakit tersebut.

232524_781909_TB_bes

Angka itu merupakan data yang dihimpun tahun lalu. Dari sisi jumlah mengalami peningkatan dibanding 2014 dengan total 9.813 suspek TB. Sedangkan dari total kasus atau penanganan yang terekam di rumah sakit dan puskesmas, hanya tercatat 1.915 dengan 987 di antara positif TB.

“Selama ini TB memang masih dianggap remeh oleh masyarakat. Penyebabnya karena pengetahuan mereka tentang penyakit ini masih rendah,” ujar Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Lulus Condro Trikroratno, Minggu (3/4).

Bahkan, menurutnya, masih ada warga yang menganggap TB penyakit turunan atau guna-guna. ”Batuk dua minggu dianggap biasa. Ada pula yang malu berobat, bila dinyatakan sakit juga enggan berobat secara teratur,” ungkapnya.

Ia mengatakan, kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi Dinkes untuk melakukan sosialisasi lebih gencar lagi. Salah satunya memanfaatkan Hari TB Sedunia yang jatuh 24 Maret lalu.

”Kami mengingatkan agar masyarakat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Juga saling mengingatkan bila ada saudara atau teman yang gejala TB,” tegasnya. (dia/nen/flo/jpnn)


Notice: Trying to get property 'term_id' of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Tinggalkan Balasan

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

The Latest

Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Pariwara

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top