Mahasiswa dan Butuh Uang? 5 Opsi Bisnis Rumahan Ini Layak Dicoba! – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Mahasiswa dan Butuh Uang? 5 Opsi Bisnis Rumahan Ini Layak Dicoba!

Pengangguran

KENDARINEWS.COM, JAKARTA — Mencari lapangan pekerjaan di Ibukota memang sulit jika kita tidak memiliki bekal keahlian-keahlian tertentu yang dibutuhkan banyak perusahaan. Apalagi bagi mahasiswa yang belum mengantongi ijazah, tantangan yang dihadapi akan lebih berat. Meski uang saku dari orang tua setiap bulan masih berjalan lancar, terkadang ada beberapa hal yang mereka butuhkan yang belum tentu dapat diminta oleh orang tuanya.

Untuk menyiasati hal tersebut, mahasiswa dituntut harus kreatif dalam menggali ide agar mampu menjalankan usaha sampingan demi memenuhi kebutuhan lain yang tak dapat dipenuhi oleh orang tuanya. Berikut beberapa contoh bisnis yang bisa dijalankan oleh para mahasiswa:

Menjual Barang Preloved di Online Marketplace

Salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang sendiri bagi mahasiswa adalah dengan menjual barang-barang tidak terpakai yang masih berfungsi dengan baik. Banyak online marketplace yang bisa kalian gunakan untuk menjual barang-barang tersebut, bahkan kini ada juga online marketplace yang khusus diperuntukkan menjual barang-barang preloved seperti Olx[dot]co[dot]id dan id[dot]carousell[dot]com. Di sana kalian dapat menemukan pasar yang tepat untuk menampung barang-barang tak terpakai dan menghasilkan uang darinya.

Admin Media Sosial

Dengan maraknya bisnis online yang muncul ke permukaan, banyak pemilik yang juga kewalahan untuk mengurusi pemesanan dan update media sosial yang ada. Di sini muncul juga peluang bisnis bagi mahasiswa, karena kalian dapat menawarkan diri menjadi admin media sosial bagi para pengusaha online. Baca juga: Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan

Daripada menghabiskan banyak waktu dan kuota internet untuk hal-hal yang tidak produktif, lebih baik manfaatkan hal tersebut untuk menghasilkan uang tambahan. Caranya mudah dan tidak memerlukan modal banyak, modal yang diperlukan hanyalah gadget yang tepat dan kuota internet secukupnya.

Guru Les

Apabila kalian merupakan mahasiswa yang cukup terampil untuk menyampaikan kembali materi yang kalian baca, tidak ada salahnya untuk membuka jasa les bagi siswa-siswi sekolah yang membutuhkannya. Kalian bisa memilih mata pelajaran yang paling kalian kuasai untuk diajarkan kepada mereka, buka tarif per jam sehingga kalian dapat mematok uang yang akan masuk ke kantong pribadimu kelak.

Jika kalian kurang menguasa mata pelajaran yang formal, kalian juga bisa mengajarkan keahlian-keahlian khusus seperti les alat musik piano, gitar, biola dan lain sebagainya. Bahkan kalian juga bisa mengajarkan melukis, keterampilan komputer, bahasa Inggris, bahasa Mandarin dan masih banyak lagi peluang yang bisa kalian manfaatkan untuk dijadikan bisnis rumahan yang mampu menghasilkan pundi-pundi uang tambahan bagi kantong kalian.

Penitipan Bayi

Jika sedang tidak ada jadwal kuliah dan merasa tidak ada hal penting yang harus dikerjakan, kalian bisa membuka jasa penitipan bayi. Kalian tidak perlu bekerja purna waktu sebab kalian hanya perlu menjaga sang bayi yang dititipkan saat orang tua yang bersangkutan sedang memiliki pekerjaan lainnya. Sekalian menambah wawasan jika kalian berencana menikah dan memiliki keturunan kelak, kalian tak akan lagi belajar dari nol.

Penitipan Hewan Peliharaan

Hampir serupa dengan penitipan bayi, penitipan hewan peliharaan merupakan salah satu alternatif bisnis rumahan yang bisa kalian jalankan. Jika kalian merasa kurang cakap mengurus bayi dan memiliki kesenangan terhadap hewan-hewan peliharaan. Jenis usaha yang satu ini patut kalian coba. Kalian hanya butuh merawat dan memerhatikan sang hewan peliharaan yang dititipkan ketika majikannya sedang memiliki urusan di luar yang tidak memungkinkan mereka untuk membawa hewan peliharaannya turut serta. (yat)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top