Tarif Daftar Listrik Ikut Turun, Segini… – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Tarif Daftar Listrik Ikut Turun, Segini…

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Masyarakat tak hanya menikmati harga bensin yang lebih murah. PT PLN juga menurunkan tarif dasar listrik (TDL) mulai April sekitar Rp 8 sampai Rp 12 per kWh. Penurunan tarif setrum memang tidak sebesar sebelumnya karena minyak dunia naik.

listrik2

Kepala Divisi Niaga Benny Marbun mengatakan, dua hal yang mengakibatkan TDL turun adalah inflasi dan nilai tukar rupiah. Berdasar data PLN, pada Februari terjadi deflasi 0,09 persen bila dibandingkan dengan Januari yang inflasi 0,51 persen.

BACA JUGA :  Peringatan Dini Tsunami Dicabut, Masyarakat Mentawai Aman

’’Sedangkan nilai tukar menguat dari Rp 13.889 menjadi Rp 13.516 per USD,’’ tuturnya kepada Jawa Pos (Group Kendarinews.com)  kemarin.

Untuk harga minyak, PLN menyebut rata-rata pada Februari adalah USD 28,29 per barel. Angka itu naik hampir USD 1 per barel daripada harga Januari USD 27,49 per barel. Lebih lanjut, Benny menjelaskan, tarif akan berlaku untuk 12 golongan yang mengikuti mekanisme adjustment. Golongan mana yang menerima penurunan paling tinggi?
Benny menyebut ada di golongan tegangan rendah. Yakni, golongan rumah tangga nonsubsidi hingga bisnis kecil. ’’Turun Rp 12 per kWh dari Rp 1.355 mejadi Rp 1.343,’’ terangnya.

Sedangkan tarif tegangan menengah yang diisi golongan B3, I3, dan P2 dengan daya di atas 200 kVa turun Rp 9. Jika TDL pada Maret Rp 1.042 per kWh, mulai hari ini menjadi Rp 1.033.

BACA JUGA :  Harga Pertamax dan Pertalite Turun Lagi, Premium Turun 1 April

Tarif tegangan tinggi tercatat turun paling sedikit, yakni Rp 8 per kWh. Untuk golongan itu, terdapat pelanggan industri kategori 4 dengan daya 30 mVa ke atas. Tarif Maret sebesar Rp 933 per kWh kini turun tipis menjadi Rp 925 kWh.

’’Semoga penurunan tarif April bisa dimanfaatkan konsumen, khususnya industri, untuk meningkatkan daya saing produksinya,’’ ucapnya. (dim/c19/oki)

BACA JUGA :  Bedak Picu Kanker, Johnson & Johnson Didenda Rp 966 M

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top