Adik-Adik Yang Mau UN, Simak Pesan Mendikbud Ini – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Edukasi

Adik-Adik Yang Mau UN, Simak Pesan Mendikbud Ini

Mendikbud Anies Baswedan

Mendikbud Anies Baswedan

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Ada yang berbeda dalam atmosfer Ujian Nasional (UN) untuk SMA/sederajat tahun pelajaran 2015-2016 yang akan berlangsung lima hari lagi. Perbedaan itu terkait berkurangnya kegelisahan siswa, guru maupun orang tua. Diketahui, mulai tahun ini, UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan.

Namun, UN tetaplah penting sebagai ujian berstandar nasional untuk melihat standar kompetensi lulusan (SKL). Karenanya, Mendikbud Anies Baswedan berpesan para siswa peserta UN untuk tetap belajar dengan semangat, bersikap tenang, dan jujur dalam menghadapi ujian nasional.

BACA JUGA :  Kabar Baik Bagi Pecinta Game, Mulai Bulan April Game PlayStation Bisa Dimainkan di Android

“Yang dibicarakan saat ini adalah kejujuran, bukan lagi kelulusan. Tidak ada lagi subsidi jawaban. Ini berarti revolusi mental yang dicanangkan presiden sudah mulai terlaksana. Ujian itu tidak menghalalkan segala cara,” ujar Anies pada Rabu (30/3/2016).

Mendikbud mengimbau para siswa peserta UN untuk belajar setiap hari menjelang hari pelaksanaan UN, dan tidur yang cukup pada malam harinya.

BACA JUGA :  Wow, 2 Pleton Brimob Bakal Jemput La Nyalla

“Jangan kurang dari delapan jam,” katanya. Ia juga menyarankan siswa untuk mengonsumsi makanan sehat dan menghindari kegiatan-kegiatan yang membuang energi dan pikiran selain untuk ujian nasional. Selain itu, Anies juga menganjurkan para siswa untuk melakukan olahraga yang cukup. “Badan sehat, pikiran jernih,” tuturnya.

Sementara itu, kepada orang tua dan guru, Menteri Anies mengimbau agar menciptakan suasana santai dan tenang sehingga anak-anak tidak tegang dalam menghadapi ujian nasional.

BACA JUGA :  Kesempatan Menarik Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Ujian Nasional untuk SMA/MA akan berlangsung pada 4-6 April 2016. Sedangkan, untuk SMK/MAK akan berlangsung pada 4-7 April 2016. Sementara UN untuk SMP/sederajat diselenggarakan pada 9-12 Mei 2016.‎ (esy)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top