Lukman Abunawas: Humas Tidak Boleh Gaptek – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Lukman Abunawas: Humas Tidak Boleh Gaptek

foto 1

KENDARINEWS.COM,KENDARI—Humas memiliki peranan penting dalam menyebarkan informasi yang merupakan kebijakan lembaga maupun pemerintah. Tidak hanya mencegah adanya kesimpangsiuran informasi, namun bisa merekam bagaimana sikap dan tanggapan masyarakat. Untuk mewujudkannya, kerja kehumasan harus bertansformasi dengan tuntutan kebutuhan dan jaman. Apalagi di era informasi digital seperti sekarang ini. Makanya, konteks komunikasi humas tidak lagi bersifat satu arah namun harus timbal balik.

Sebagai bentuk eksistensi, Badan koordinasi Kehumasan (Bakorhumas) dituntut lebih proaktif dalam meningkatkan peran dan fungsi humas. Makanya, diperlukan komitmen yang kuat dalam melakukan revitalisasi kelembagaan. Bukan hanya itu, humas harus diback up SDM yang mumpuni. Paling tidak, SDM-nya harus melek informasi dan tidak gagap teknologi (gaptek). Harapan ini disampaikan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, H Lukman Abunawas saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Bakornas se-Sultra di Aula Merah Putih kantor Gubernur Sultra, Rabu (30/3/2016).

Menurutnya, tindakan dan upaya mengubah mindset aparatur humas merupakan tugas yang cukup sulit dan memerlukan kerja sama antar lembaga. Untuk itulah, perlu ada beberapa instansi pemerintah yang bersedia menjadi pilot project. Dengan demikian, dalam waktu relative cepat ide revitalisasi kemuhasan menjadi kenyataan. Dalam meningkatkan aparatur kehumasan ada beberapa poin yang harus dilakukan. Diantaranya, harus memiliki kompetensi dan profesional, tersedianya pelayanan data informasi publik dan lainnya.

BACA JUGA :  Dialog Publik, Anak Lorongnya Kendari. Ini Hasilnya

“Peran humas dalam memanej informasi dan mengkomunikasikanya sangatlah penting. Kalau di tentara, kemenangan itu bukan ditentukan kecanggihan teknologi perang, tetapi siapa yang menguasai informasi, misalnya mengetahui kekuatan dan strategi lawan, maka itulah yang keluar sebagai pemenang,” kata mantan Bupati Konawe dua periode yang juga perna menjadi kepale seksi humas di BP7 Sultra.

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin, saat menyampaikan materi bersama dua pemateri lainnya, Pimred Kendarinew.com, dan pakar komunikasi Unhalu, Dr Najib Husen

Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin, saat menyampaikan materi bersama dua pemateri lainnya, Pimred Kendarinew.com, dan pakar komunikasi Unhalu, Dr Najib Husen

Dirut PT Media Kita Sejahtera, Irwan Zainuddin yang tampil sebagai pemateri mengulas peran kehumasan dalam menjaga sinergitas dengan kalangan Pers. Menurutnya, hingga kini masih ada humas yang masih enggan menjalin kemitraan dengan media. Masih ada pemahaman salah bahwa berhubungan dengan wartawan adalah momok. Padahal humas merupakan corong lembaga maupun pemerintah. Bila informasinya tidak dikelola secara baik, kerja keras dan prestasi yang ditorehkan pemerintah tidak akan diketahui publik. Makanya, jangan salah ada pendapat miring menyangkut kinerja pemerintah.

BACA JUGA :  Berprilaku tak Senonoh, Honorer ini Ditangkap

Sebagai media terbesar di Sultra, Kendari Pos sangat membuka diri baik menyangkut pengelolaan informasi maupun peningkatan SDM. Terutama dalam membuat press release kegiatan lembaga atau pemerintah. Tidak hanya sifatnya tertulis maupun melalui website. Sebab humas harus mampu meramu informasi sebelum dipublikasikan ke masyarakat maupun media. Untuk itulah, tidak boleh ada sekat-sekat antara humas dan pejabat SKPD. Sebagai corong pemerintah, humas harus mampu berkoordinasi dengan semua SKPD.

BACA JUGA :  Wow, Ada 4 Anggota Dewan 'Terhormat' Malas Berkantor

Ketua Bakorhumas Sultra, H Kusnadi mengungkapkan kegiatan rapat koordinasi kehumasan dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi humas se-Sultra. Paling tidak, humas yang ada dilembaga pemerintahan di Sultra termasuk TNI-Polri bisa berbagi informasi dan pengalaman. Hasil sharing ini bisa memberikan ide positif dalam pengembangan pengelolaan kehumasan. Apalagi tantangan dalam mengemban peran kehumasan di masa mendatang akan semakin besar. Untuk menambah wawasan, pihaknya mengundang beberapa pameteri yang kapabel baik dari unsur perguruan tinggi maupun kalangan Pers.

foto 3

Rakor Bakorhumas se-Sultra dihadiri 70 perwakilan humas. Bukan hanya pemda dan SKPD, namun juga TNI-Polri dan lembaga veritikal serta BUMN. Rapat yang digelar selama dua hari ini menampilkan tiga pamateri. Selain Dirut PT Media Kita Sejahtera, Irwan Zainuddin, juga menampilkan akademisi UHO Dr Najib Husain yang mengulas peran humas dalam pencitraan pemerintah, dan Pimpinan Redaksi KendariNews.Com, Sawaluddin Lakawa yang memaparkan soal humas di era teknologi informasi.(amal fadli)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top