KTP Non Elektronik Tidak Boleh Lagi Diterbitkan, Bisa Kena Pidana – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

KTP Non Elektronik Tidak Boleh Lagi Diterbitkan, Bisa Kena Pidana

Bogor-Watch-Kadisdukcapil-Pemkab-Bogor-WNA-Punya-E-KTP-Itu-Bohong-820x510

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Kartu Tanda Penduduk (KTP) non elektronik berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) tidak boleh lagi diterbitkan. Jika ada oknum pemerintah masih mengeluarkannya, maka bisa dipidanakan.

“KTP SIAK ini sudah tidak boleh lagi dikeluarkan sejak 1 Januari 2015. Jadi kalau masih ada, ini bisa dipidana,” kata Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrullah, Senin (28/3).

BACA JUGA :  Harga Pertamax dan Pertalite Turun Lagi, Premium Turun 1 April

Hal itu sesuai dengan UU 23/2014 dan Perpres 112/2013 tentang Penerapan KTP Berbasis NIK secara nasional bahwa kartu identitas penduduk yang berlaku saat ini untuk usia 17 tahun ke atas hanya KTP Elektronik (KTP-el).

Menurut Zudan, masih banyak pihak yang menerbitkan KTP non elektronik di sejumlah daerah. Makanya, pihak Ditjen Dukcapil Kemendagri terus menyosialisasikan masalah ini. Ia juga mendorong agar masyarakat tak mengurus pembuatan KTP-el dalam kondisi mendesak karena butuh proses.

BACA JUGA :  Dilantik, Irjen Tito Resmi jadi Kepala BNPT

“Kalau memang butuh segera, datang saja langsung ke kepala dinas. Bisa juga kalau warga Jakarta mendatangi kantor Ditjen Dukcapil di Pasar Minggu,” ujar dia, seperti dikabarkan kemendagri.go.id.

Sebagian besar penerbitan KTP SIAK dikarenakan ada desakan warga yang menginginkan penerbitan KTP el dalam waktu singkat sehingga pihak aparatur pemerintah mengeluarkan KTP SIAK sementara. Namun kondisi tersebut dinilai tak melanggar hukum, apalagi sampai ada sanksi pidana. [rus]

BACA JUGA :  Hari Ini Dialog Publik Jasa Raharja-Kendari Pos

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top