Gaji Tak Sesuai UMK, Laporkan ! – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Gaji Tak Sesuai UMK, Laporkan !

KENDARINEWS.COM, KENDARI– Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kendari sudah menyosialisasikan pemberlakukan Upah Minimum Kota (UMK) tahun 2016. Melalui surat edaran Disnakertrans, seluruh perusahaan yang beroperasi di metro ini wajib membayar gaji karyawan minimal Rp 2.007.000 mulai 1 April nanti. Jika itu tak dipenuhi perusahan, maka pekerja diminta melaporkan pelanggaran itu. Untuk diketahui, UMK tahun 2015 lalu sebesar Rp 1,8 juta.

BACA JUGA :  Lho Kok, Polisi Tangkap dan Lepas Bandar Narkoba Lagi?

1upah

Ketegasan itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Kendari, Hamsir Madjid. “Sudah diedarkan dan terhitung kerja bulan ini, April sudah upah baru yang diberlakukan,” jelasnya. Mantan Kepala Dinas Kebersihan ini mengingatkan jika ada perusahaan yang belum melaksanakan hasil ketetapan dewan upah itu, maka segera dilaporkan ke pihaknya. Sebab Disnakertrans menyiapkan wadah pengaduan karyawan di kantornya.

BACA JUGA :  Belum Dioperasikan, Proyek Rp. 1,6 M Amruk

Perusahaan lalai dalam pembayaran gaji itu akan dipanggil memberikan penjelasan pada pemerintah.”Ada aturannya, jadi pasti ada sanksinya berdasarkan tingkat pelanggaran,” tambahnya. Dia juga menghimbau tenaga kerja di Kota Kendari selalu memiliki kontrak kerja jika hendak bergabung pada suatu perusahaan. Sehingga jika terjadi pelanggaran maka Disnakertrans bisa langsung mengambil tindakan sesuai laporan. (c/ely)

BACA JUGA :  1000 Surat Tilang Untuk Pelanggar Lalin di Kolut

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top