Menegangkan! Ini Dugaan Percakapan Flydubai Sebelum Jatuh – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Menegangkan! Ini Dugaan Percakapan Flydubai Sebelum Jatuh

Pesawat Flydubai

Pesawat Flydubai

KENDARINEWS.COM, JAKARTA—Stasiun televisi Rusia, Rossiya-1 menyiarkan percakapan terakhir kokpit di pesawat Flydubai nahas, yang jatuh di Rostov-on-Don pekan lalu. Percakapan itu kabarnya didapat dari seorang sumber komisi investigasi yang memiliki akses pada rekaman percakapan kokpit.

Jika memang suara tersebut benar, maka indikasi kesalahan pilot dalam kecelakaan yang mengakibatkan 62 orang tewas itu semakin jelas.

Transkrip percakapan itu menunjukkan bahwa pilot kehilangan kendali atas pesawat setelah mengaktifkan mode autopilot. ”Jangan khawatir,” kata salah satu pilot pesawat Flydubai itu dalam percakapan yang diterjemahkan ke bahasa Rusia, sebelum beberapa detik terdengar pilot lain mengatakan “Jangan lakukan itu!”

BACA JUGA :  Astaga. PNS ini Kedapatan Berjudi

Kata-kata terakhir yang terdengar dari kokpit adalah “Tarik!…tarik!….” yang diucapkan berulang-ulang.

Menurut Rossiya-1, selama 6 detik terakhir saat pesawat menukik tajam, yang terdengar dari kokpit adalah teriakan panik yang tidak manusiawi. Namun, lagi-lagi, televisi itu menyatakan bahwa percakapan tersebut bukanlah percakapan kokpit versi resmi. Karena otoritas setempat belum merilis.

Mengutip pakar penerbangan setempat yang diwawancarainya, Rossiya-1 menyebut kemungkinan besar pilot tidak sengaja mengaktifkan mode stabilising fin saat berusaha menarik kembali pesawat pada posisi horisontal. Ketika mode ini aktif, pesawat akan terus menukik ke bawah.

BACA JUGA :  Kunker Sehari, Kapolda Sultra Temui Tafdil dan Surunuddin

Laporan Rossiya-1 menyebut, pilot pesawat bisa saja tidak sengaja mengaktifkan mode stabil otomatis karena kelelahan kronis. Penyidik Rusia masih menyelidiki insiden itu dengan menganalisis sejumlah dugaan penyebab yang ada, mulai dari cuaca buruk, kesalahan pilot atau gangguan teknis.

Seperti diketahui pesawat Flydubai jenis 737-800 menghujam tanah sebelum mencapai landasan dan terbakar pada Sabtu (19/3). (jpnn)

BACA JUGA :  Dua Kriteria Utama PNS yang Bakal Kena Rasionalisasi

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top