Mendagri Ingatkan Pendamping Desa Harus Warga Setempat – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Mendagri Ingatkan Pendamping Desa Harus Warga Setempat

Mendagri Tjahjo Kumolo

Mendagri Tjahjo Kumolo

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengingatkan agar pendamping desa harus dari masyarakat setempat. Sebab, mereka lebih memahami kondisi wilayah baik dari segi budaya, agama, kebiasaan, dan adat istiadat. Apalagi, pendamping desa ini bertanggung jawab terhadap perangkat desa, khususnya bagaimana pemerintah desa bisa memahami tugas yang diemban. “Belum tentu ada desa mau dapat pendamping dari orang sembarang,” ujar Tjahjo seperti yang dikutip dari situs resmi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

BACA JUGA :  Wagub Saleh Lasata Salahkan Kepala SKPD

Kemendagri dalam hal ini akan memberikan pelatihan kepada mereka, perangkat desa, seperti manajemen perencanaan dan pertanggung jawaban dana desa. “Menyangkut pertanggungjawaban kepada keuangan itu harus sudah paham, kan rata-rata sekarang sudah 600 juta tiap tahun naik belum lagi tambahan dari Kementerian lain itu sudah kami laksanakan bertahap,” ungkap Tjahjo.

Jadi para perangkat desa ini tak hanya melaksanakan tugas Bupati saja. Namun sekarang harus mampu mengatur keuangannya sendiri, meski ada pendamping desa.

BACA JUGA :  Wah, 27 Warga Kalbar Diduga Gabung ISIS

Dengan menjadi, manager bagi desanya sendiri. Mereka bisa memanfaatkan segala bentuk kekayaan alam desa dan menggunakannya dengan baik. Seperti memanfaatkan air sungai dari desa itu untuk pembuatan jalan tanpa harus membeli.

“Manager itu harus tau semuanya bukan pelaksana Bupati. Manager pembangunan, manager pemerintahan, manager yg harus menggerakan mengorganisir masyarakat di desa,” tegas Tjahjo.

BACA JUGA :  Menteri Jonan Lantik Pudji Hartanto sebagai Dirjen HubDar

Disamping dari tanggung jawab kepala desa ini, pendamping desa juga harus dapat melakukan pendataan sejak dini mengenai anggaran desa dan Tjahjo pun memberikan nasehat jangan sampai nanti ada perangkat desa yang terjerat hukum setelah selesainya program dana desa ini.

“Pendamping desa nantinya akan diberi tanggung jawab untuk menyusun laporan pertanggungjawaban,” katanya. (Fajar)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top