Hugua Disebut Sebagai Cagub Alternatif Saingi Ahok – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Hugua Disebut Sebagai Cagub Alternatif Saingi Ahok

Hugua

Hugua

KENDARINEWS.COM,JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama mungkin adalah kepala daerah paling terkenal saat ini. Bagaimana tidak, setiap hari sepak terjang pria yang akrab disapa Ahok itu selalu mengisi pemberitaan media-media berskala nasional.

Namun dari sisi kualitas dan prestasi sebenarnya masih ada sejumlah kepala daerah lain yang tidak kalah dari Ahok. “Prestasi mereka jelas. Kontribusi mereka buat rakyat nyata. Tapi sayang belum banyak diketahui publik,” kata Direktur Eksekutif Citra Survei Indonesia (CSI), Aendra Medita kepada wartawan Minggu, (27/3/2016).

CSI mencatat setidaknya ada lima kepala daerah yang memenuhi kriteria itu. Beberapa sudah cukup dikenal secara nasional, namun ada juga yang sama sekali tidak pernah terdengar kehebatannya.

Secara spesifik Anedra menyebut, Walikota Surabaya Tri Rismaharini selama menjadi orang nomor satu di Kota Surabaya berhasil menorehkan banyak prestasi. Beberapa diantaranya membangun banyak taman kota, memperbaiki layanan fasilitas kesehatan, dan menggusur lokalisasi Dolly yang disebut-sebut sebagai lokalisasi terbesar di Asia Tenggara.

BACA JUGA :  Profesor Jangkung Pembina Ahli Indonesia

Kedua, lanjutnya, Bupati Banteng Nurdin Abdullah yang berhasil melakukan terobosan pembangunan di daerahnya. Meski wilayahnya kecil namun Nurdin Abdullah berhasil mengoptimalkan daerah yang dipimpinnya. Salah satu terobosan yang dilakukan olehnya adalah berada di sektor pertanian, terutama jagung. Selain itu untuk percepatan pembangunan ia juga mendatangkan investor baik domestik dan luar negeri guna menunjang pembangunan infrastruktur khususnya jalan.

“Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga punya prestasi. Misalnya membuat transparansi dalam pengelolaan anggaran, peningkatan mutu sumber daya manusia pegawai negeri sipil (PNS) dan mendukung penuh wisata yang jadi unggulan di Kabupaten Banyuwangi,” celoteh Aendra.

BACA JUGA :  Pengamanan PSU Muna Bakal Ketat, Satu TPS Dijaga 100 Polisi

Masih, kata Aendra, kepala daerah lain yang miliki prestasi segudang adalah Bupati Bojonegoro, Suyoto. Beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan olehnya adalah membuat peraturan daerah (Perda) tentang eksplorasi dan eksploitasi migas yang bertujuan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sekitar. Kemudian melakukan pemberdayaan masyarakat melalui desa cerdas dan sehat serta mampu menata transportasi publik dengan baik dan pengentasan banjir di Bojonegoro.

Sosok kepala daerah yang juga punya torehan prestasi adalah Bupati Wakatobi, Hugua. Beberapa prestasi yang berhasil ditorehkan adalah menjadikan sektor pariwisata sebagai penggerak ekonomi. Sektor pariwisata yang dimaksud adalah menjadikan Wakatobi sebagai kawasan wisata bahari, menjaga ekosistem laut serta membangun sarana infrastruktur di Wakatobi.

BACA JUGA :  Inilah Drawing Perempat Final Liga Champions, Barca Dihantui ATM

Lebih lanjut Aendra mengatakan, kelima kepala daerah di atas jelas tak kalah dari Ahok. Bahkan jika salah satu dari mereka diusung pada Pilkada DKI 2017 nanti bukan tidak mungkin bisa menumbangkan sang petahana yang sejauh ini masih tanpa lawan. “Mereka punya pengalaman dan prestasi jelas, jadi sangat layak sebagai cagub alternatif,” ujarnya.

Namun, dia mengingatkan, ada satu modal penting lainnya yang diperlukan untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Hal itu adalah kemampuan dalam menjaga harmoni, baik dengan kekuatan politik maupun dengan masyarakat. “Sebab Jakarta adalah kota heterogen, karena itu pemimpinnya harus humanis, populis dan peduli sehingga tidak membuat politik gaduh,” tukasnya. (jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top