‘Lecehkan’ Rio dan Indonesia, TV Fox Sports Diprotes – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Olahraga

‘Lecehkan’ Rio dan Indonesia, TV Fox Sports Diprotes

Grafik urutan start F1 di Australia

Grafik urutan start F1 di Australia. Foto: Ist

KENDARINEWS.COM Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mengatakan bahwa protes masyarakat Indonesia khususnya penggiat dunia maya terhadap TV Fox Sports yang tidak menampilkan bendera Merah Putih di belakang foto Rio Haryanto dalam tayangan pre show siaran langsung seri pembuka Formula Satu (F1), merupakan wujud nasionalisme.

Dengan kata lain, perhatian besar dan kebanggan masyarakat terhadap Rio Haryanto yang telah mencetak sejarah tampil di ajang balap bergengsi tersebut, juga merupakan kebanggan nasional.

BACA JUGA :  Siap-Siap!! Juni, PLN Jadwalkan Cabut Subsidi 18 Juta Pelanggan

“Rio Haryanto memang telah mengukir sejarah bagi bangsa Indonesia, wajar jika masyarakat terusik jika dia ditampilkan tanpa bendera merah putih dalam acara yang disaksikan jutaan pemirsa di seluruh dunia,” ujar Menpora.

Seperti diberitakan sejumah media, masyarakat Indonesia penggiat dunia maya memprotes TV Fox Sports sebagai penyaji siaran langsung F1 di televisi berbayar, karena tidak menampilkan bendera Merah Putih di belakang foto Rio Haryanto saat menyajikan grafik urutan start seri pembuka F1 di Sirkuit Melbourne Grand Prix Albert Park, akhir pekan kemarin. Sementara pembalap lain ditampilkan dengan bendera negaranya masing-masing.

BACA JUGA :  Bupati Muna Terpilih Ditentukan 321 TPS

Karena mendapat protes pengguna dunia maya tersebut, TV Fox Sports merespon dan berdalih apa yang disajikan sesuai dengan bahan yang diberikan oleh pihak F1. Protes tersebut sudah disampaikan ke pihak F1 dan berjanji hal itu tidak akan terulang dalam arena balapan berikutnya.

Cak Imam pun menyesalkan tidak munculnya bendera Merah Putih dalam tayangan F1 di TV Fox Sports tersebut.

BACA JUGA :  Bek Tangguh Ini Resmi Bakal Tinggalkan Chelsea

“Bendera adalah simbol kehormatan negara, jika pembalap lain ditampilkan bersama bendera asal negaranya dalam grafik, Rio juga seharusnya demikian karena merupakan kebanggaan Indonesia,” jelas Menpora.

Karena itu dia meminta pihak TV Fox Sports dan pihak F1 harus lebih jeli dalam proses penyajian bahan siar. “Hal ini penting sehingga tidak menimbulkan kesan perlakuan diskriminatif dan penyepelean terhadap salah satu peserta dan negaranya,” tegas Menpora seraya menekankan agar hal itu jangan sampai terulang.[wid]

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top