Golkar Butuh Ketua Umum Sekaliber Akbar – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Golkar Butuh Ketua Umum Sekaliber Akbar

KENDARINEWS.COM, KENDARI– Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing mengatakan, Partai Golkar butuh ketua umum yang benar-benar mumpuni. Menurutnya, ada dua syarat utama yang harus dimiliki calon ketua umum Golkar agar bisa menyelamatkan partai berlambang beringin hitam itu dari konflik yang berlarut-larut.

golkar

Emrus mengatakan, syarat pertama bagi calon ketua umum Golkar adalah sosok kredibel dan mempunyai kemampuan untuk mengelola partai yang modern. “Tokoh yang dapat dipercaya adalah orang ideologis dan yang sesuai perbuatan dengan ucapannya alias tidak plintat-plintut,” ujar Emrus, Kamis (17/3).

BACA JUGA :  Modus Pura-pura Jadi Pacar, Kuras Uang Korban Puluhan Juta

Untuk mengetahui sosok yang kredibel, katanya, bisa ditelusuri dari rekam jejak kebijakan dan perilaku politiknya. Sedangkan figur yang mampu mengelola partai modern adalah tokoh yang menghapus politik uang, recall atai pemecatan kader di DPR, patronisasi, serta mewujudkan demokrasi subtansial di tubuh Golkar ke depan.

“Selain itu, ketum tidak harus orang yang pernah divonis bersalah oleh masyarakat. Misalnya, orang yang acap kali melakukan kongkalikong politik yang menggerus kepercayaan publik terhadap partai,” beber Emrus.

BACA JUGA :  Dispenda Kolut Target 6,9 Miliar

Sedangkan syarat kedua, sosok calon ketum Golkar adalah tokoh perekat. Karenanya Emrus menegaskan, Golkar semestinya tidak dipimpin oleh orang yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam konflik internal selama ini.
Selain itu, kata dia, calon ketua umum di partai yang selalu berjaya di pemilu era Orde Baru itu harus mumpuni dalam mengelola konflik dengan mengedepankan komunikasi dan persuasi.

BACA JUGA :  Menpar Launching Festival Mentawai 2016

“Contoh rujukan tokoh yang memiliki kemampuan luar biasa mengelola konflik dengan sangat piawai adalah Akbar Tandjung,” ungkap Emrus.(boy/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top