Polisi Sidak Tambang PT SSU – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Bombana

Polisi Sidak Tambang PT SSU

Pihak Reskrimsus Polda Sultra, saat melakukan pemeriksaan administrasi di lokasi tambang PT SSU di Kabaena Tengah, Rabu (16/3).

Pihak Reskrimsus Polda Sultra, saat melakukan pemeriksaan di PT SSU di Kabaena Tengah, Rabu (16/3).

KENDARINEWS.COM,KENDARI—Kepolisian Daerah (Polda) Sultra melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah perusahaan pertambangan yang beroperasi di daerah ini. Rabu 16/3/2016), tim reserse kriminal khusus (Reskrimsus) yang  dipimpin AKBP Hartono SIk, Kasubdit IV Tipiter Reskrimsus Polda Sultra, melakukan inspeksi di lokasi pertambangan PT Surya Saga Utama (SSU). Tim Reskrimsus diterima langsung oleh H Makbul selaku komisaris dan menjadi penanggung jawab kegiatan di lokasi.

BACA JUGA :  KTP Non Elektronik Tidak Boleh Lagi Diterbitkan, Bisa Kena Pidana

Pada kesempatan itu, tim melakukan pengecekan administrasi terkait pelaksanaan kegiatan PT SSU, yang kini tengah mempersiapkan rencana pembangunan pabrik smelter di Kecamatan Kabaena Tengah. Pemeriksaan itu menemukan adanya administrasi yang belum dilengkapi dan oleh Makbul diakui masih dalam pengurusan. Namun begitu, pelanggaran itu tetap akan ditindaklanjuti oleh pihak kepolisian.

AKBP Hartono mengaku sidak yang dilakukan merupakan kegiatan Reskrimsus dalam rangka penertiban pertambangan di daerah ini. Namun sejumlah pihak mengkaitkan Inspeksi Reskrimsus Polda Sultra ke PT SSU tampaknya tak lepas dari aksi sejumlah warga yang adat di Desa Langora, Kecamatan Kabaena Tengah yang melakukan aksi protes pada awal  Maret 2016 ini. Aksi protes dilakukan karena PT SSU dianggap tidak memberi perhatian terhadap masyarakat di sekitar tambang. Sebaliknya, masyarakat semakin sulit karena fasilitas dan infrastruktur yang terus terabaikan. Apalagi, pihak perusahaan melakukan pembongkaran kuburan tua tanpa melakukan koordinasi dengan masyarakat adat setempat. (sawal lakawa)

BACA JUGA :  Keluarga Surianyah, Korban Penyanderaan Kelompok Abu Sayyaf Berharap....

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top