SMKN 1 Kendari Turunkan Biaya Praktik – Hacked by TryDee
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

SMKN 1 Kendari Turunkan Biaya Praktik

WD. ST. Febriani/Kendari Pos__Para siswa SMKN 1 Kendari tampak mengikuti proses pembelajaran, Kamis (10/3) lalu

WD. ST. Febriani/Kendari Pos__Para siswa SMKN 1 Kendari tampak mengikuti proses pembelajaran, Kamis (10/3) lalu

KENDARINEWS.COM, KENDARI SMKN 1 Kendari resmi menurunkan biaya Praktik Kerja Industri (Prakerin) yang sedianya Rp 250 ribu per siswa kini menjadi Rp 220 ribu per siswa. Kebijakan tersebut ditetapkan pihak sekolah setelah adanya tambahan alokasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2016.

Kepala SMKN 1 Kendari, Ds. Ali Koua menuturkan dana BOS yang dialokasikan untuk Prakerin sekitar Rp 40 an juta. Tepatnya hampir sepertiga dari total kebutuhan dana praktik ini dibebankan pada dana BOS.

“Kenaikan alokasi dana BOS sangat berdampak positif. Terutama dalam meminimalisir beban sekolah. Bahkan, Iuran Komite pun bakal diturunkan. Jika anggaran dana memadai,maka tak ada alasan untuk tidak diturunkan,” beber Ali Koua.

Sebenarnya, dia berkeinginan untuk meminimalkan kewajiban siswa (Prakerin), hingga pada angka Rp 50 ribu per kepala. Bahkan akan digratiskan jika memungkinkan. Namun dirinya kuatir terhadap konsekuensi negatif yang bakal timbul, jika keluar dari Petunjuk Teknis (Juknis) yang telah ditetapkan secara baku. Menurutnya, walau penurunan hanya pada kisaran Rp 30 ribu untuk saat ini, namun pihaknya akan terus berupaya untuk meminimalkan biaya, demi meringankan beban orang tua siswa.

Wakasek Hubungan Industri SMKN 1 Kendari, Drs. H. Suryadi M.Hum., menjelaskan Prakerin akan dilaksanakan mulai 24 Juni-25 Agustus. Sebelumnya, siswa akan diberi materi pembekalan selama 3 hari. Peserta praktik terdiri dari seluruh siswa tingkat 11 yang terbagi ke dalam 3 jurusan, yakni Akuntansi, Pemasaran dan Administrasi Perkantoran. Siswa akan disebar di 85 titik. “Pihak instansi merasa terbantu dengan kehadiran siswa kami, mereka terus bertanya tentang waktu pelaksanaan Prakerin,” imbuh Suryadi.

Selain itu, untuk mengontrol kinerja dan tanggung jawab peserta didik di lokasi praktik, monitoring akan dilakukan rutin seminggu sekali. Menurutnya, dalam kurun 5-6 tahun terakhir SMKN 1 Kendari tidak  menyelenggarakan Prakerin ke luar daerah. Pasalnya, jadwal antara lokasi praktek dengan jadwal kegiatan akademik sekolah seringkali bertabrakan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan oleh orang tua siswa pun makin membengkak.

Senada dengan ungkapan Kepala Sekolah, dirinya sepakat jika biaya Prakerin terus ditekan hingga ke angka minimal dari tahun ke tahun. “Kita juga menabung dan dana dipakai untuk membantu anak yang betul-betul tidak mampu membayar, karena faktor ekonomi keluarga yang tak mendukung. Sehingga siswa ini tidak akan terhambat untuk kembangkan diri bersama yang lain,” terangnya. (p9/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top