Kabaena Dilanda Banjir, Kerugian Capai Rp 11 Miliar – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Bombana

Kabaena Dilanda Banjir, Kerugian Capai Rp 11 Miliar

Nuryadi/Kendari Pos__Banjir yang melanda Kabaena beberapa waktu lalu menyisakan kerugian bagi warga setempat.

Nuryadi/Kendari Pos__Banjir yang melanda Kabaena beberapa waktu lalu menyisakan kerugian bagi warga setempat.

KENDARINEWS.COM, RUMBIA – Banjir yang terjadi di Pulau Kabaena tidak hanya meninggalkan duka bagi warga di daerah itu. Namun berbagai kerusakan infrastruktur juga ditimbulkan akibat bencana alam tersebut. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bombana, kerugian akibat banjir di pulau Kabaena mencapai Rp 11,4 miliar.

Staf Teknis  penilaian kerugian dan kerusakan BPBD Bombana, La Ode Zulkifli mengatakan, kerugian banjir yang mencapai angka belasan miliar itu, merupakan dampak banjir yang terjadi di Pulau Kabaena sejak Februari hingga Maret ini. Selama kurang lebih satu bulan, banjir menggenangi ratusan rumah warga di tujuh Kelurahan dan Desa di tiga Kecamatan.

BACA JUGA :  Dandim Positif Pakai Narkoba Tapi Barang Bukti Sabu tidak ada, Ternyata...

Rumah yang paling banyak terendam banjir sambung Zulkifli terletak di Kecamatan Kabaena. Di Kecamatan Kabaena Timur, ada tiga kelurahan yang terendam banjir. Di wilayah paling Timur Kabaena ini, banjir terjadi di bulan Februari lalu dan menggenani  170-an rumah penduduk.

Sementara Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Bombana, Ridwan, S.Sos mengatakan, banjir  yang terjadi di Kabaena merupakan banjir yang terjadi akibat intensitas hujan yang sangat tinggi. Sejauh ini, BPBD kata Ridwan telah melakukan berbagai kegiatan pasca banjir salah satunya pembersihan sampah-sampah di wilayah yang terkena dampak banjir.

BACA JUGA :  Cabuli Ponakan, Dituntut 6 Tahun Penjara

Selain itu, pihak BPBD memberi bantuan beras yang disalurkan langsung Bupati, bantuan sandang pangan dari Dinas Sosial seperti selimut, sarung, tikar, serta peralatan masak memasak. Terkait banyaknya rumah warga yang terendam, BPBD telah melakukan pendataan dan akan segera dilaporkan di BNPB. Begitu juga dengan berbagai infrastruktur umum yang rusak, pihaknya akan segera mengusulkan anggaran di BNPB untuk dilakukan perbaikan. (Nur/b)

BACA JUGA :  Investasi Pasar Saham Yakin Naik Meski Masih Terendah

Kerusakan Akibat Banjir

– 216 rumah di Kelurahan Rahampuu
– 18 rumah di Kelurahan Teomokole
– Dua rumah di Kecamatan Kabaena
– 60 rumah di Kelurahan Lambale dan Dongkala,
– 52 rumah di Desa Bungi-Bungi.
– 5 rumah di Desa Pongkalaero
– 20 rumah di Desa Puununu.
– 3 unit jembatan,
– Jalan lingkungan sepanjang 210 meter, perpipaan 200 meter serta talud sepanjang 200 meter.

Sumber : BPDB Bombana

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top