Hebatnya Madu Bagi Kesehatan – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Kesehatan

Hebatnya Madu Bagi Kesehatan

Madu

Madu

KENDARINEWS.COM Madu adalah salah satu makanan yang disebutkan Allah di dalam Alquran. Madu dihasilkan oleh lebah yang mempunyai perangai hanya memakan yang baik-baik. Sebab itulah madu mempunyai khasiat yang hebat.

Berikut beberapa manfaat madu untuk kesehatan:

1. Meningkatkan energi: Banyak atlet mengonsumsi madu untuk meningkatkan stamina karena menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk mendapatkan energi. Madu memperbaiki kinerja yang dapat meningkatkan performa atlet. Madu juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktivitas berat. Madu adalah sumber yang bagus untuk zat besi, kalium dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot.

2. Mengatasi infeksi kandung kemih: Campurkan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku lalu minum untuk membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih. Madu juga baik untuk ginjal.

3. Menurunkan kadar kolesterol jahat: Madu juga salah satu sumber antioksidan yang penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Madu tidak mengandung lemak jenuh sehingga tak menambah kadar kolesterol jahat. Caranya: 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari juga meringankan gangguan kolesterol.

4. Mengobati sakit gigi: Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu lalu oleskan pada gigi yang sakit.

5. Mengatasi pilek: Konsumsi 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

6. Mengobati luka dan borok: Madu berisi glukosa dan enzim. Pada kondisi yang tepat, oksidase glukosa dapat memecah glukosa madu menjadi hidrogen peroksida, zat yang bersifat antiseptik kuat. Tapi, madu dalam kemasan tak dapat melakukan reaksi ini. Untuk menjadi aktif dan mengurai glukosa madu, oksidase glukosa perlu lingkungan dengan pH 5,5-8,0 dan natrium. Di sisi lain, pH madu murni yang berkisar antara 3,2 dan 4,5 terlalu rendah untuk mengaktifkan enzim. Kulit dan cairan tubuh (misalnya darah) memiliki pH relatif tinggi dan mengandung natrium sehingga memberi kondisi yang tepat untuk pembentukan hidrogen peroksida.

7. Merangsang pertumbuhan jaringan. Propolis, enzim dan serbuk sari, vitamin dan mineral dalam madu dapat merangsang pertumbuhan jaringan baru. Bila digunakan pada luka bakar, madu akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi jumlah jaringan parut.

8. Antioksidan kuat: Madu mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu.

9. Menurunkan glukosa: Meski lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Penderita diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah. Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibanding gula atau gula sintetis. Madu membantu tubuh mengontrol gula darah. Karena manis dari madu berupa fruktosa dan bila masuk ke dalam tubuh akan langsung diubah jadi energi tanpa perlu hormon insulin.

10. Meringankan penyakit pernafasan: Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan, madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu bisa menghilangkan gejala asma jika dikonsumsi dalam bentuk jus dengan merica hitam dan bubuk jahe.

11. Membantu masa kehamilan: Madu menambah energi selama kehamilan dan persalinan serta memberi kekuatan untuk janin. Campuran madu, jamu dan telur bisa mempercepat proses penyembuhan luka dalam perut atau rahim setelah melahirkan. Campuran madu dengan jus pepaya bagus untuk wanita hamil dan juga produksi ASI.

12. Menyehatkan jantung: Madu ditambah jus jeruk dapat mengatasi gangguan jantung. Gula dan mineral dalam madu berfungsi sebagai tonikum yang memberi sumber energi untuk jantung.

13. Mengatasi keluhan lambung: Kandungan mineral dari madu dapat mengurangi derajat keasaman dan membantu mencegah pendarahan lambung. Madu juga berguna untuk menormalkan fungsi organ dan menyegarkan kerja saraf.

14. Mencegah kanker: Kandungan flavonoids pada madu serta antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker. Kandungan karsinogen pada madu bisa mencegah beragam tumor.

15. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Madu kaya akan antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh sehingga lebih sehat dan bugar. Madu punya kandungan nutraceuticals yang dapat melawan radikal bebas.

16. Sumber vitamin dan mineral: Madu kaya akan kandungan vitamin dan mineral, tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu.

17. Menghalau bakteri dan jamur: Madu mengandung zat antiseptik yang berfungsi menghambat pertumbuhan bakteri, menjaga tubuh terhindar dari infeksi.

18. Menurunkan berat badan: Beda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Madu yang dicampur dengan jus lemon diminum pada pagi hari diyakini bisa menghilangkan selulit.

19. Mengobati batuk dan radang tenggorokan: Kandungan anti bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

20. Melancarkan peredaran darah: Madu mengandung senyawa asetikolin yang berfungsi melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah. Madu membersihkan lapisan darah dan darah menjadi bersih. Madu juga memulihkan kembali bekuan darah dan membetulkan pangaliran darah. Madu pun berguna menghilangkan rasa kebas-kebas dan mengurangi tekanan darah tinggi.

21. Mencegah gangguan pencernaan: Madu dapat membantu mengurangi gangguan penceranaan dan susah buang air besar karena mengandung serat. (nhk)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top