3.215 Wanita Karier Pilih Menjanda – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

3.215 Wanita Karier Pilih Menjanda

KENDARINEWS.COM,SURABAYA – Tren istri menggugat cerai di Surabaya semakin meningkat tejak tahun 2000. Jumlahnya semakin banyak. Di tahun 2010 jumlahnya meningkat dua kali lipat. Yang menarik, istri yang minta cerai itu sebagian besar adalah wanita karir.

Fenomena meningkatnya angka perceraian yang didominasi perempuan (gugat cerai) terlihat di Pengadilan Agama (PA) Klas 1 A Surabaya.
Pada tahun 2015 lalu, total ada 6.117 perkara perceraian yang masuk ke lembaga peradilan di Jalan Ketintang Madya itu. Dengan rincian, kasus talak cerai atau suami yang mengajukan gugatan cerai sebanyak 2.098 perkara.

BACA JUGA :  Nekat Tendang Sepeda Motor Polisi, Dua Perampok Berhasil Kabur

Sedangkan jumlah istri yang menggugat mencapai 4.019. Nyaris dua kali lipat jumlahnya. Angka itu naik diban dingkan tahun sebelumnya (2014) yang hanya mencapai 5.996 perkara perceraian.

Dengan detail data, yaitu talak cerai berjumlah 1.986 perkara, dan dua kali lipat angka gugat cerai yang mencapai 4.010 perkara.  “Setiap tahun memang jumlah gugatan meningkat,” jelas Wakil Ketua Pengadilan Agama Klas 1A Surabaya, Artifaturrahmaniyah seperti dilansir Radar Surabaya (KENDARIPOS Group).
Namun, ada fenomena menarik dan baru dalam gugatan perceraian tersebut. Ternyata, mayoritas penggugat adalah perempuan yang sudah bekerja. Perempuan yang secara finansial sudah bisa mandiri. Dari 4.019 perkara gugat cerai yang masuk, hampir 80 persen atau sebanyak 3.215 perempuan bekerja (wanita karier) melayangkan gugatan cerainya. Sisanya, 20 persen (804) adalah ibu rumah tangga. (jpnn)

BACA JUGA :  3 Pembunuh Sadis Terancam Hukuman Mati

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top