Gerhana Matahari Tahun 2023 akan Lebih Dahsyat – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Gerhana Matahari Tahun 2023 akan Lebih Dahsyat

Salah satu momentum gerhana yang terlihat di Kota Kendari, Sultra

Salah satu momentum gerhana yang terlihat di Kota Kendari, Sultra, Rabu (9/3/2016)

KENDARINEWS.COM,KENDARI—Gerhana matahari total akan kembali melintasi Indonesia pada tahun 2023. Gerhana matahari tersebut akan lebih dahsyat karena merupakan gerhana matahari hybrid.

Menurut pengamat astronomi Madhonna Nur Aini, gerhana matahari hybrid adalah jenis gerhana matahari paling langka. Perempuan yang akrab disapa Donna itu mengatakan, gerhana hybrid adalah perpaduan gerhana cincin dengan gerhana matahari total.

BACA JUGA :  Investasi Pasar Saham Yakin Naik Meski Masih Terendah

“Dalam satu kesempatan, terjadi gerhana matahari cincin dan GMT,”  sebutnya. Jadi, setelah GMT yang memunculkan korona, terjadi gerhana  matahari cincin dengan bentuk matahari yang terhalang bulan bulat seperti cincin.

Untuk diketahui, selama abad 21, Indonesia hanya akan dilintasi dua kali gerhana matahari hybrid. Pertama pada 20 April 2023 dan kedua pada 25 November 2049. Setelah 20 April 2023, gerhana matahari total baru bisa terlihat lagi pada 20 April 2042. Menariknya, dua gerhana matahari total tersebut terjadi pada tanggal yang sama, yaitu 20 April. Karena itu, selisih keduanya bisa dinyatakan tepat bulat 19 tahun. (JPNN)

BACA JUGA :  Benarkah Pria Pengemis Ini Ayah Marshanda?

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top