Ibu-ibu, Ini Cara Kreatif Agar Si Kecil Suka Makan Sayur – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Kesehatan

Ibu-ibu, Ini Cara Kreatif Agar Si Kecil Suka Makan Sayur

Kesehatan Untuk Aank

Kesehatan Untuk Aank

KENDARINEWS.COM, SURABAYA – Tak sedikit para bunda yang mengeluh anak mereka kurang suka sayur. Tapi, ibu-ibu, jangan jangan kehabisan akal. Kita harus kreatif mengolah dan menyajikan sayuran sedemikian rupa agar menggugah selera makan anak-anak.

Menurut,  M. Imam Sam, demi chef cold kitchen Hotel Harris Pop! Gubeng Surabaya, ada beragam alasan anak-anak kurang suka mengonsumsi sayur. Yang paling sering adalah karena rasa. ”Karena kandungan getah, sayur biasanya memiliki rasa yang pahit atau langu,” ujar Imam.

Penampilan masakan berbahan sayur pun terkadang kurang menarik alias seadanya. Anak jadi kurang tertarik untuk menyantapnya. ”Biasanya, sayuran hijau hanya disajikan tanpa dimodifikasi. Jadi terlihat membosankan,” tambah Imam.

BACA JUGA :  Hasil MotoGP Argentina dan ini Kata Marquez

Beragam cara lantas ditempuh. Misalnya, menyajikan sayuran dengan menu kesukaan anak seperti nugget. Kalau ingin lebih seru, sayuran bisa dikemas mirip menu kesukaan anak.

”Intinya ada di pengolahan, yaitu mencampurkan sayur dengan bahan makanan yang rasanya gurih,” ujar Imam. Dengan adanya rasa gurih, anak akan tertarik untuk melahap sayuran yang sudah dimodifikasi.

Imam lantas merekomendasikan beberapa menu. Yang pertama adalah menu sayur yang tampilannya seperti bakwan. Namanya fish fingers. Sayur yang digunakan adalah bit. Supaya gurih, bit dicampur dengan daging salmon serta bumbu-bumbu lain. Teksturnya empuk, cocok dikonsumsi anak-anak. Untuk bentuknya, bakwan bit dan salmon itu bisa dibentuk sesuai dengan karakter atau hewan kesukaan anak-anak.

BACA JUGA :  Wow di Konut, 1 Miliar Hanya Untuk Dudukan Beton Jembatan

Menu selanjutnya mirip dengan chicken nugget, makanan favorit anak-anak. Hanya, nugget itu mengandung tiga jenis sayuran, yakni wortel, brokoli, dan sayur kale (sejenis sawi). Tiga sayur tersebut dihaluskan, lantas dicampur dengan daging dada ayam dan keju. Rasanya yang gurih layaknya nugget isi keju tidak terpengaruh oleh kandungan sayuran.

Bayam yang biasanya hanya direbus atau dimasak kuah pun bisa dimodifikasi, baik bentuk maupun rasa. Pada menu fish ball on spinach mash, bayam direbus dan dihaluskan. Rasa sayur tidak akan pahit berkat bumbu-bumbu dan bakso ikan. Anak pun tidak kesulitan mengunyah atau menelan karena bentuk sayur mirip jus atau saus kental.

BACA JUGA :  Si 'Goyang Itik' Rela Dipenjara, Asalkan...

Untuk makanan penutup, carrot cake bisa menjadi pilihan. Sponge cake berbahan wortel itu bisa menjadi alternatif snack sehat bagi anak-anak. Supaya lebih menarik, hias kue dengan fondant atau gula warna-warni yang aman dikonsumsi.

Imam menambahkan, selain diolah dengan menyertakan bahan-bahan lain, kadar getah sayuran harus dikurangi. Caranya adalah dengan merendam sayuran dalam air atau meremas-remas sayuran yang sudah dipotong sambil ditambahi garam. ”Memasaknya pun jangan sampai terlalu matang karena bisa mengurangi zat gizi,” tambah Imam. (len/c6/ja

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top