Ini Cara Shalat Sunat Gerhana Matahari – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

Ini Cara Shalat Sunat Gerhana Matahari

ilustrasi

ilustrasi

KENDARINEWS.COM, KENDARI Gerhana matahari yang akan berlangsung 9 Maret 2016 diharapkan tidak disikapi berlebihan. Bagi umat muslim, disunnahkan untuk mendirikan salat gerhana matahari. Tak sekadar menyaksikan tanda-tanda kekuasaan Tuhan, namun umat muslim khususnya dianjurkan meningkatkan ibadah dan ketakwaan.

Direktur Islamic Centre Muadz Bin Jabal (ICM), Zezen Zainal Mursalin, LC mengungkapkan gerhana matahari menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan kualitas ibadah seseorang. “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah sebuah tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Gerhana terjadi bukan karena kematian atau kelahiran seseorang. Akan tetapi menanamkan rasa takut kepada hamba-hambaNya. Ketika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah salat dan bersedekahlah,” ungkap Zezen Zainal Mursalin mengutip hadist Nabi Besar Muhammad SAW.

BACA JUGA :  SEMANGAT! Naik Perahu Bermotor Tempel, Demi UN

Alumni Universitas Madinah ini menambahkan, ketika terjadinya gerhana matahari pada zaman Nabi Muhammad, saat itu bertepatan dengan wafatnya putra Beliau yakni Ibrahim. Rasulullah tetap bersegara memanggil kaum muslimin untuk melaksanakan salat gerhana. “Hadist itu memberikan pencerahan pada manusia bahwa gerhana itu terjadi bukan karena ada yang lahir atau meninggal dunia. Dulu, pemahaman tentang gerhana sangat terbatas sehingga muncul persepsi yang keliru,” katanya.

BACA JUGA :  Mendung Bakal Tutupi Gerhana Matahari, Hanya Dua Titik yang Cerah

Terkait salat gerhana, lanjutnya, umat muslim dapat melakukannya dengan dua rakaat. Pada rakaat pertama dilakukan 2 sujud dan 2 kali rukuk. Begitu juga pada rakaat kedua. Setelah menggelar salat, dilanjutkan khutbah oleh khatib. Baru kemudian doa bersama. (kendaripos.fajar.co.id)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top