Hutan Mangrove Beralih Fungsi, Pantai Semakin Rentan Kena Abrasi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Hutan Mangrove Beralih Fungsi, Pantai Semakin Rentan Kena Abrasi

ILUSTRASI

ILUSTRASI

KENDARINEWS.COM – Satu juta dari 3 juta hutan mangrove sudah beralih fungsi. Perubahan fungsi itu akan membuat pantai lebih mudah terkena abrasi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyebutkan, Indonesia memiliki 3 juta hektar hutan mangrove. 99 persen berada di pesisir, jumlah tersebut memungkinkan Indonesia menjadi lumbung karbon dunia.

”Mangrove memiliki kemampuan 4 hingga 5 kali lipat menyimpan karbon dibanding hutan tropis,” kata Siti Nurbaya di Jakarta dilansir Indopos (Jawa Pos Group), Senin (7/3).

Siti Nurbaya mengajak semua pihak untuk tetap melestarikan hutan mangrove.

Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo menambahkan, lebih dari 1 juta hektar hutan telah beralih fungsi, dan rusak. Padahal hutan mangrove kedudukannya sangat penting, dan strategis.

”Ada yang jadi pelabuhan, tambak ikan, perumahan dan berbagai aktivitas manusia lainnya,” kata Giwo Rubianto Wiyogo.

Giwo menambahkan, hutan mangrove bisa berfungsi mencegah abrasi, memecah gelombang tsunami, mencegah intrusi, tempat hidup aneka reptil, penghasil kayu, kawasan wisata yang alami dan lainnya.

”Kalau rusak apa jadinya nanti. Pemanasan global tentu sulit dicegah lagi,” tuturnya. (fdi/iil/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top