Mayoritas UKM di Jatim tak Punya Izin Usaha – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Mayoritas UKM di Jatim tak Punya Izin Usaha

Ilustrasi

Ilustrasi

KENDARINEWS.COM, SURABAYA – Pelaku usaha kecil menengah di Jawa Timur memiliki tantangan berat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Sebab, banyak pelaku UKM yang tak memiliki izin usaha.

Ketua Forum Daerah Usaha Kecil Menengah (Forda UKM) Jatim Nur Cahyudi mengatakan, jumlah UKM di Jatim setiap tahun selalu meningkat 3–5 persen. Hingga akhir 2015, jumlah UKM di Jatim mencapai 6,8 juta.

Dari angka tersebut, UKM mampu menyerap sebelas juta tenaga kerja. Selain itu, memberikan sumbangan 46 persen terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) Provinsi Jawa Timur.

Sayangnya, hanya sepuluh persen UKM di Jatim yang memiliki izin usaha. Jika UKM tidak memiliki izin usaha, mereka tidak bisa mendapatkan akses ke HAKI (hak atas kekayaan intelektual) maupun SNI (Standar Nasional Indonesia).

Padahal, di era MEA, dua hal itu mutlak diperlukan jika UKM ingin bersaing di pasar global. ”Hal tersebut juga digunakan untuk melakukan proteksi dari segi non-tarrif barrier. Sebab, dari segi tarif kita sudah tidak bisa melakukan proteksi dengan adanya MEA,” kata Cahyudi. (vir/jos/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top