Harga Narkotika di Indonesia 3 Kali Lebih Mahal dari 2 Negara Ini – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

Harga Narkotika di Indonesia 3 Kali Lebih Mahal dari 2 Negara Ini

Ilustrasi

Ilustrasi

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Indonesia memang menjadi sasaran empuk untuk jaringan narkotika. Pasalnya, harga narkotika di Indonesia begitu mahal, untuk jenis sabu saja per kilonya mencapai Rp 800 juta. Harga itu tiga kali lipat dari harga narkotika di tiga negara tetangga, yakni Malaysia, Singapura dan Tiongkok.

Analis Kejahatan Narkotika Faturrohman menjelaskan,  harga sabu di Tiongkok hanya Rp 100 juta per kg. Harga yang hampir sama untuk sabu di Malaysia dan Singapura, yakni Rp 500 juta per kg.

”Pertanyaan yang muncul, mengapa sabu di Indonesia harganya jauh mahal,” ujarnya.

Harga yang begitu berbeda itu dikarenakan permintaan akan narkotika yang begitu tinggi. Namun, narkotika yang beredar di Indonesia jumlahnya sedikit atau jauh dari jumlah permintaan. ”Ini bisa diartikan, penindakan terhadap penyelundupan berhasil. Tapi, juga menunjukkan jumlah pengguna narkotika yang banyak,” paparnya.

Sementara di Malaysia dan Singapura, harganya terbilang lebih murah karena ada banyak pemasok yang bersaing menjual narkotika. Setidaknya, ada jaringan narkotika dari Filipina dan Tiongkok yang bersaing di negeri singa putih dan negeri jiran. ”Ini juga membuat perbedaan,” terangnya.

Perbedaan harga yang mencolok itu, juga membuat jaringan mafia terus berupaya untuk memasukkan narkotika ke Indonesia. Sebab, bila mereka bisa memasukkan narkotika asal Tiongkok, tentunya keuntungan yang didapat berlipat ganda.

”Tapi, ini harga yang penuh resiko ya. Kalau ada yang merasa tergiur, tentu mengetahui resikonya. Yakni, hukuman mati,” tegasnya. (idr/byu/flo/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top