Harga Garam Hancur Lebur! – Kendari Pos Online
Iklan pajak

Konkep
UHO Cup Iklan Iklan 10 Iklan 23
Ekonomi & Bisnis

Harga Garam Hancur Lebur!

Ilustrasi

Ilustrasi

KENDARINEWS.COM, SURABAYA – Harga garam di Indonesia hancur lebur. Hal itu tak lepas dari minimnya penyerapan oleh industri pengolahan. Hinga akhir Februari lalu, penyerapan garam rakyat baru mencapai 60 persen.

Ketua Himpunan Masyarakat Petani Garam (HMPG) Jatim M. Hasan mengatakan, sebanyak 50 persen diserap industri besar. Sedangkan sisanya diserap industri kecil.

“Harga sekarang hancur. Misalnya, harga garam kualitas pertama Rp 350 per kilogram dan kualitas kedua Rp 300 per kilogram. Ada beberapa perusahaan yang menyerap dengan harga tinggi, tetapi volume rendah. Akhirnya, petani memilih menjual dengan harga jauh di bawah harga pokok pembelian (HPP) garam,’’ jelas Hasan, Rabu (2/3) kemarin.

Sebagaimana diketahui, total hasil panen garam pada 2015 sebanyak 3,1 juta ton. Dari jumlah itu, sekitar 1,1 juta ton di antaranya produksi di Jatim. Karena itu, pihaknya mengharapkan waktu dekat seluruh produksi garam rakyat bisa terserap.

Jika tidak ada perubahan, PT Garam akan menyerap garam rakyat melalui penyertaan modal negara sekitar Rp 200 miliar atau sekitar 350 ribu ton. (res/jos/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top