Pembunuh Gubernur Ini Malah Dianggap Pahlawan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Internasional

Pembunuh Gubernur Ini Malah Dianggap Pahlawan

A man identified as a guard of governor of Punjab province Taseer, smiles after being detained at the site of Taseer's shooting in Islamabad

Mumtaz Qadri

KENDARINEWS.COM, KARACHI – Mumtaz Qadri pelaku pembunuhan terhadap gubernur Punjab di Pakistan, Salman Tasser, 2011 lalu, menghadapi eksekusi hukuman gantung.

Namun ribuan warga di Pakistan berunjuk rasa dan protes terhadap hukuman yang dijatuhkan kepada polisi pengawal gubernur tersebut. Mereka yang protes itu merupakan kaum radikal Islam dan menganggap apa yang dilakukan oleh Qadri adalah pahlawan.

Para pendukung Qadri turun ke jalan di Karachi, Lahore, Islamabad dan juga memblokade jalan-jalan menuju Islamabad.

Mereka membakar ban dan meneriakan slogan-slogan. Aksi unjuk rasa besar-besaran itu menyebabkan sekolah ditutup dan pasar-pasar di Islamad dan Rawalpindi ditutup lebih awal, mengantisipasi kemungkinan terjadinya kekerasan.

Polisi, termasuk pasukan anti huru hara melakukan penjagaan di sekitar rumah Qadri di Islamabad. Pemakaman Qadri akan berlangsung Selasa di dekat Rawalpindi, dan diduga akan dihadiri banyak orang yang mendukungnya.

Qadri, seorang polisi dengan kualifikasi komando elit dan ditugaskan untuk menjadi pengawal Salman Taseer, menembak mati sang politisi di siang bolong di sebuah pasar Islamabad pada bulan Januari 2011.

Ia berdalih, merupakan amanah agamanya untuk membunuh sang menteri, yang merupakan seorang pengecam keras undang-undang penghujatan atau penistaan agama dan pendukung reformasi liberal di Pakistan.

Pengadilan, tahun itu juga, menjatuhkan hukuman mati kepadanya.(ray/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top