Daerah Tak Memiliki RTRW, Kewenangannya Dicabut – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Daerah Tak Memiliki RTRW, Kewenangannya Dicabut

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursidan Baldan

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursidan Baldan

KENDARINEWS.COM, KENDARI Pemerintah daerah (Pemda) yang belum memiliki peraturan daerah (perda) rencana tata ruang wilayah (RTRW) mendapat sorotan keras dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Bagi yang belum memiliki produk hukum daerah itu, maka kewenangannya untuk memanfaatkan tata ruang akan dicabut selama setahun atau selama masa pemerintahan.

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursidan Baldan menyatakan pihaknya tengah meminta seluruh pemerintah daerah untuk segera menerbitkan perda RT/RW.

Bagi pihaknya sedang menyiapkan peraturan pemerintah (PP) untuk Pemda yang tidak juga menerbitkan perda RTRW atau bahkan melanggarnya.

”Sanksinya bisa berupa pencabutan kewenangan memanfaatkan ruang selama setahun atau selama masa pemerintahan,” kata Ferry Mursidan Baldan di rapat kerja Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Jakarta, Selasa (1/3/2016)

Menurutnya, sanksi pidana dan perdata terhadap pelanggar RTRW sebagaimana yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 26/2007 tentang Penataan Ruang belum memberi efek jera. Untuk itu, perlu ada sanksi tambahan berupa pencabutan wewenang tata ruang terhadap pemerintah daerah yang melanggar aturan sendiri.

Selain itu, pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota diberi waktu hingga akhir tahun ini untuk menyelesaikan peraturan daerah RTRW. (JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top