Hemat Air Yuk..!!! – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Xpresi

Hemat Air Yuk..!!!

Xpresi

[dropcap]Mau[/dropcap] mandi, mau nyuci…eh airnya malah gak ada. Padahal belum giliran dapet jatah air dari PDAM. Gimana nih ? Semua agenda bisa berantakan kalo gini. Makanya, sobat Xpresi kudu hemat pake airnya. Biar airnya cukup ampe jadwal air mengalir. Yang paling galau kalo air gak ada tuh pasti sobat yang ngekos.

Air merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup di muka bumi ini. Yap!  Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat melangsungkan kehidupannya. Tumbuhan memerlukan air untuk proses fotosintesis, dan berkembang. Hewan membutuhkan air untuk perkembangan hidupnya. Begitu pula manusia, air menjadi kebutuhan pokok dalam aktivitas sehari-hari, seperti mandi, mencuci, dan lain sebagainya. But, air bukan sumber daya yang bisa diperbarui lho sobat. Jika tidak bijak dengan membiasakan hemat air dan mengelola sumbernya, air pun bisa habis.

Hemat air merupakan salah satu solusi dalam menyiasati potensi krisis air bersih. Nah, apalagi bagi pelajar or mahasiswa kos-kosan. Kalo air udah ngalir, beuuh udah kayak rebutan oksigen buat nafas. Hehe..     Mereka tak jarang loh sob berebut air untuk memwnuhi keperluan mereka, jika air yang digunakan berasal dari PDAM apa lagi. Well, kira-kita gimana ya solusi mereka menghadapi fenomena ini? Simak beberapa tanggapan sobat Xpresi yang nge-kost yuk sobat. Cekidot!

“Dengan menghemat pemakaian air di kost, selain hemat uang juga bisa  menjadi langkah bijak bagi lingkungan hidup. Terutama demi ketersediaan air bersih yang semakin sulit dan berkurang karena semakin tingginya tingkat pencemaran air,” ujar Syahriel Ahmad S. Mahasiswa Pertanian UHO, Rabu (3/2) kemarin.

Komentar selanjutnya datang dari Muhammad Sentosa. Doi yang juga anak rantau dari Kolaka dan ngekos di Kota Kendari merasa kesulitan banget kalo kamar mandi umum dikos abis. Nah, untuk mengakali biar airnya cukup sampe jadwal air mengalir, doi dan teman-teman kos sering irit pake air kalo mandinya. “Biasanya kalo lagi ndak ngalir air, mandinya kita irit-irit pakai air. Soalnya anak kos kalo lagi ngalir air biasanya mereka sudah siapkan penampungan air masing-masing untuk jatah memasak,” kata mahasiswa IAIN Kendari ini. Boleh ngirit asal mandinya tetap bersih lho yaa hehe…

Oh ya sobat, mumpung lagi musim hujan, kalian bisa loh menampung air hujan untuk mencuci perabotan atau motor yang dipake ke kampus. So, air bersih dari PDAM bisa lebih hemat lagi. Biar jatah air PDAM-nya dipake untuk kebutuhan memasak doang. Seperti kata Risma mahasiswi FKIP UMk ini. “Mumpung musim hujan, saya nadah air hujan untuk mengepel or cuci sepatu. Ini salah satu cara hemat air bersih juga. Kan air hujan tidak kotor-kotor amat ji, jadi bisa digunakan,” ungkap mahasiswi asal Buton ini.

Dan yang terakhir ada trik jitu nih dari Lukman T. Mahasiswa asal Wanci yang jauh-jauh menuntut ilmu ke Kota Kendari ini ngaku kalo mau hemat air ya nebeng aja di kos-kosan sohibnya. “Kalo lagi tidak ada air di kos-kosanku, biasanya lari ke kos teman. Nebeng mencuci, sekalian mandinya..haha.. Tapi kalo saya di kostan sendiri, kalo mengalir mi air saya tampung banyak-banyak buat persiapan,” jelas mahasiswa Teknik Unsultra ini.

Hemat pemakaian air tidak hanya berpengaruh pada kita secara ekonomis sob, tetapi juga turut membantu penghematan energi dan untuk jangka yang sangat panjang sekali dapat menjaga kelangsungan hidup umat manusia dan bumi yang kita cintai ini. Yeah! Salam lestari!! (Nunik)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top