Perokok Juga Tetap Bisa Donor Paru-Paru – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Perokok Juga Tetap Bisa Donor Paru-Paru

112727_56361334

KENDARINEWS.COM Gangguan pernapasan hingga kanker paru-paru mengintai para perokok. Namun itu tidak menghalangi mereka untuk mendonorkan paru-parunya ketika meninggal.

‘’Bahkan, paru-paru non-perokok mempunyai angka keberhasilan hidup sedikit lebih rendah daripada paru-paru perokok,’’ kata direktur transplantasi jantung dan paru-paru dari Harefield Hospital, Andre Simon, seperti dilansir laman Daily Mail.

BACA JUGA :  Ini Penyebab Kulit Bayi Bisa Alergi

Pada periode jangka pendek, angka keberhasilan hidup paru-paru non-perokok adalah 77,7 persen, sementara paru-paru perokok 90,8 persen. Dr Simon juga mengatakan bahwa meski fakta tersebut nampak sedikit aneh, namun ia meyakinkan bahwa seluruh organ donor, baik dari perokok maupun bukan, telah melalui rangkaian pemeriksaan sebelum dioperasi untuk menjamin kualitas organ dan keamanan pasien.

BACA JUGA :  Sakit Leher saat Bangun Tidur karena Salah Bantal, Benarkah?

’Mendapatkan donor paru-paru dari perokok lebih baik daripada tidak sama sekali. Paru-paru donor dari perokok berat pun akan menambah ketersediaan organ donor bagi yang membutuhkan,’’ kata Dr Simon.

Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian yang diadakan di Harefield Hospitasl, London, Inggris. Sejak tahun 2007, sudah 237 transplantasi paru-paru dilakukan dan 90 persennya merupakan transplantasi double.

BACA JUGA :  Minum Kopi Bisa Turunkan Risiko Bunuh Diri

Sebanyak 53 persen donor merupakan paru-paru orang yang tidak merokok. Namun sisa 47 persennya merupakan paru-paru dari perokok dengan rata-rata 20 batang rokok per hari. Hal itu sama dengan 1 dari 5 transplantasi jantung yang dilakukan berasal dari donor paru-paru perokok. (nhk)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top