Tahukah Anda, Mengapa Hidung Pria Lebih Besar daripada Wanita? – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Tahukah Anda, Mengapa Hidung Pria Lebih Besar daripada Wanita?

5988971_20131127060136

KENDARINEWS.COM Kaum Adam biasanya memiliki rongga hidung dan saluran udara yang lebih besar di belakang hidungnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa secara umum laki-laki memiliki hidung lebih besar daripada perempuan.

Diketahui laki-laki mengonsumsi lebih banyak oksigen selama bernapas menggunakan hidung daripada perempuan.

Sayangnya penelitian ini tidak memberi tahu kaitan ukuran hidung dengan berapa banyak oksigen yang diperlukan. Juga apakah ukuran hidung berkait dengan fungsi yang lain atau tidak ada fungsi spesifik sama sekali.

BACA JUGA :  Coba Makanan Ini Agar Tidak Cepat Pikun

‘’Seiring dengan peningkatan ukuran tubuh pada pria dan wanita selama pertumbuhan, laki-laki menunjukkan peningkatan yang tidak proporsional dalam ukuran hidung. Ini mengikuti pola yang sama dengan variabel energik, seperti konsumsi oksigen,’’ kata pemimpin penulis studi dan juga seorang antropolog, Nathan Holton.

Pria biasanya memiliki otot yang lebih ramping selama masa remaja daripada perempuan, di mana hal ini menuntut lebih banyak energi dan oksigen. Temuan bahwa hidung laki-laki mungkin berkembang menjadi lebih besar selama masa remaja pun dihubungkan dengan konsumsi oksigen.

BACA JUGA :  Rokok Bukan Sahabat Kopi

Untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang ukuran hidung, peneliti menganalisis kapan ukuran hidung mulai berubah. Mereka meneliti 18 perempuan dan 20 laki keturunan Eropa yang bersedia menjadi sukarelawan.

Dalam studinya, peneliti mengandalkan hampir 300 poin data dari sinar-X dan pemeriksaan fisik lainnya yang dikumpulkan sejak para relawan berusia 3 tahun sampai lebih dari 20 tahun.

BACA JUGA :  Anda Penderita Asma, Coba Sembuhkan dengan Aerobik

Para peneliti menemukan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki ukuran hidung yang sama ketika mereka masih muda. Namun hidung laki-laki biasanya mulai tumbuh lebih besar daripada hidung perempuan selama masa remaja, bertepatan dengan waktu pada umumnya laki-laki mengonsumsi lebih banyak oksigen dan energi daripada perempuan setelah pubertas. Secara keseluruhan, rata-rata hidung laki-laki menjadi lebih besar sekitar 10 persen dari pada perempuan. (nhk)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top