Tidak Usah Melakukan Perpanjangan, Semua E-KTP Berlaku Seumur Hidup – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Tidak Usah Melakukan Perpanjangan, Semua E-KTP Berlaku Seumur Hidup

151126020E-KTP-BARU

KENDARINEWS.COM JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan semua E-KTP yang beredar di masyarakat berlaku seumur hidup. Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir jika E-KPT yang dipegang kadaluarsa.

E-KTP yang beredar di masyarakat saat ini ada dua jenis. Untuk e-KTP lama masih mencantumkan tanggal kadaluarsa. Sedang E-KTP baru tidak ada tanggal kadaluarsa.

‎”Bagi anda yang masa berlaku E-KTP-nya habis, tidak perlu mengurus perpanjangan masa berlakunya lagi. Karena E-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan, meski di dalam kolom berlaku terdapat tanggal kedaluwarsanya,” jelas Tjahjo melalui pesannya, Kamis (28/1).

BACA JUGA :  19 April, Dukcapil Kendari Terima 10.000 Blanko e-KTP dari Kemendagri

Karena itu, Tjahjo menyarankan masyarakat jangan mau memberi uang kepada calo‎ ataupun oknum petugas untuk mengurus dan membuat E-KTP yang baru. Sebab, E-KTP yang sudah kadaluarsa-pun masih sah dan tetap berlaku.

“Jadi, Anda tak perlu takut dan khawatir ditolak saat menunjukkan E-KTP sewaktu ada razia kepolisian atau-pun di saat mengurus surat-surat penting di kantor/lembaga manapun,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ribuan Warga Bombana Antri e-KTP

Ketentuan ini sudah diatur dalam UU 24/2013 yang tertuang dalam pasal 64 ayat 7a.  “Jadi, warga yang KTP elektronik-nya masa berlakunya habis selama itu tidak rusak, tidak usah melakukan perpanjangan. Itu berlaku seumur hidup,” jelas Tjahjo.

Tjahjo merasa merasa perlu menyampaikan hal ini karena ada beberapa kasus ada yang masih belum tahu soal aturan itu. Sehingga banyak warga yang melakukan perpanjangan E-KTP yang masa berlakunya habis dan dipunguti biaya oleh calo ataupun petugas untuk membuat E-KTP baru yang tercantum masa berlaku SEUMUR HIDUP. Padahal E-KTP kadaluarsa itu tidaklah perlu diperpanjang. [ysa]

BACA JUGA :  PWI Anggap Larangan Siaran Langsung Sidang Korupsi e-KTP Renggut Kemerdekaan Pers

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top