Miris, Guru Honorer Terancam Tak Digaji – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Miris, Guru Honorer Terancam Tak Digaji

Para pegawai honorer kategori dua (K2) berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/1).

ilustrasi

KENDARINEWS.COM, TUTUYAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim me-warning seluruh Kepala Sekolah (Kepsek). Ini terkait pembayaran gaji guru bantu (honorer). Pasalnya, mulai 2016, sejumlah tenaga guru honorer terancam tak menerima gaji sekolah.

Ditegaskan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Muhammad Assagaf, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bukan untuk membayar gaji guru bantu. “Kami ingatkan lebih dini bagi kepsek. Mulai tahun ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mulai memberlakukan larangan atas dana BOS digunakan untuk pembayaran gaji guru honor sekolah di semua tingkatan,” tegasnya.

BACA JUGA :  Jika Tak Ada Pengangkatan, Honorer Diutamakan Jadi P3K

Assagaf pun mengingatkan seluruh kepsek untuk tidak sembarang mengangkat tenaga guru bantu, agar tidak menimbulkan masalah baru. “Ketika mereka diangkat oleh Kepsek siapa yang bertanggung jawab atas gaji mereka,” kata Assagaf, saat memimpin apel.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Yusri Damopolii membenarkan terkait BOS. Namun, dirinya masih akan menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari pusat tentang aturan penggunaan dana BOS 2016 ini.

BACA JUGA :  Mohon Maaf, Dengan Berat Hati Saya Tidak Bisa Angkat Honorer K2 Menjadi CPNS

“Pemberitahuan sudah ada. Tapi juknis belum keluar tentang larangan dana bos untuk membayar honorer guru bantu. Kami masih menunggu juknis-nya seperti apa,” terang Damopolii, kemarin.

Lanjutnya, kalau pun aturannya sudah melarang pembayaran honorer guru, tentu aturan itu harus di patuhi. “Kalau memang juknisnya sudah melarang untuk digunakan dalam membayar honor guru bantu, kami selaku instansi harus patuh terhadap aturan tersebut,” pungkasnya.(ctr-35/fir)

BACA JUGA :  Lampung Kirim 1.000 Honorer K2

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top