Sensus Ekonomi 2016: Momentum Memotret Aktivitas Ekonomi Daerah – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Opini

Sensus Ekonomi 2016: Momentum Memotret Aktivitas Ekonomi Daerah

20448469324-sensus

Pertumbuhan ekonomi regional saat ini menjadi agenda penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Disebutkan pada poin ke-7 Nawa Cita-program prioritas pemerintahan-Jokowi-JK bahwa pemerintah bekerja untuk mewujudkan kemandirian ekonomi melalui penggerakan sektor-sektor domestik. Untuk mewujudkan cita ini, pemerintah membangun interkoneksi regional yaitu dengan percepatan pembangunan beberapa bandara dan program tol laut.

Harapannya, dapat mendukung akses untuk memudahkan kegiatan ekonomi masyarakat. Program prioritas pemerintah pusat ini patutnya disambut dengan antusias oleh pemerintah daerah sebagai bentuk sinergitas pembangunan ekonomi. Pemerintah daerah harus melakukan riset mengenai keunggulan dan potensi yang ada di daerahnya. Sehingga dapat merencanakan kebijakan yang akan diambil untuk menyambut program percepatan pembanguan ekonomi yang digagas oleh pemerintah pusat. Riset mengenai potensi daerah tentunya membutuhkan data dan informasi yang tepat dan akurat.

Mengenai gambaran ekonomi secara resmi telah banyak dirilis oleh pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS). Beberapa indikator-indikator penting yang dihasilkan oleh BPS untuk analisis ekonomi regional yaitu pertumbuhan ekonomi, PDRB, Inflasi, Satistik Keuangan Daerah, Statistik Perbankan dan Perkembangan Ekspor Impor Daerah. Dalam usaha penyediaan statistik bidang ekonomi, BPS terus melakukan pengembangan metode dan menambah variasi kegiatan statistik yang dilaksanakannya.

Pada tahun 2016 ini, BPS akan melaksanakan rangkaian kegiatan Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016). Di seluruh Indonesia, termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra). SE 2016 diharapkan dapat melengkapi ragam data ekonomi yang dihasilkan oleh BPS. Data hasil SE 2016 ini sebagai salah satu benc marking dari data-data bidang ekonomi yang selama ini telah dirilis. Harapannya bisa menjadi pembanding dan sebagai alat untuk mempertajam metode statistik selama ini diterapkan untuk menyediakan data statistik yang tepat dan akurat. SE 2016 dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia dan mencakup semua aktivitas ekonomi masyarakat kecuali sektor pertanian. Secara umum tujuan SE 2016 ini adalah untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar bidang ekonomi sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan, dan evaluasi pembangunan.

BACA JUGA :  Mencari dan Menentukan HUT Kabupaten Konawe

Harapannya, hasil SE 2016 dapat memberikan gambaran secara lengkap mengenai level dan struktur ekonomi. Gambaran lengkap kondisi ekonomi tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan pemetaan potensi ekonomi menurut wilayah, jenis dan skala usaha. Dalam pelaksanaannya, variabel-variabel pokok yang dikumpulkan dalam SE 2016 adalah mengenai status badan usaha, jumlah tenaga kerja, pemodalan, investasi, kendala, prospek usaha dan beberapa variabel lainnya mengenai kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh perusahaan.

Variabel-variabel yang akan ditanyakan kepada responden tersebut merupakan intrumen yang dibutuhkan untuk kebutuhan analisa kegiatan ekonomi secara umum. Kajian secara mendalam mengenai kebutuhan indikator ekonomi dibutuhkan oleh pengguna data bidang ekonomi khususnya pemerintah, telah dilakukan oleh BPS. Hasil kajian tersebut dituangkan dalam intsrumen untuk melakukan pengumpulan data pada SE 2016 mendatang.

Untuk Pemerintah Daerah

Data-data hasil SE 2016 sangat kaya dengan informasi kegiatan usaha pada level wilayah tertentu. Salah satunya informasi mengenai jumlah usaha dan skala usaha pada wilayah tertentu akan memberikan gambaran mayoritas kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah tersebut.

Informasi itu bisa menjadi gambaran sektor utama yang menopang hidup masyarakat di suatu wilayah. Dengan informasi tersebut pula, terdeteksi sektor usaha yang kurang diminati oleh masyarakat. Melalui analisis sederhana tersebut, pemerintah daerah dapat mendukung dengan membuat program-program pro dunia usaha untuk pengembangan kegiatan ekonomi mayoritas sehingga menjadi sektor unggulan.

BACA JUGA :  "Noda" Lembaga Pemasyarakatan

Sektor-sektor ekonomi yang kurang diminati dapat dimunculkan sebagai pilihan untuk melakukan kegiatan ekonomi, tentunya disesuaikan dengan kondisi sumber daya yang ada. Inilah pentingnya kebijakan yang didasarkan dengan data dan informasi statistik. Untuk kajian mengenai ketenagakerjaan, data hasil SE 2016 tentunya dapat mendukung analisis mengenai persebaran, penyerapan dan kebutuhan tenaga kerja berdasarkan aktivitas ekonomi masyarakat.

Data persebaran tenaga kerja ini dapat dihubungkan dengan beberapa data sosial ketenagakerjaanya. Yaitu jumlah penduduk umur produktif berserta kualifikasinya. Dari hasil pemetaan tenaga kerja ini pemerintah daerah bisa mengambil kebijakan mengenai pendidikan dan pelatihan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha. Informasi mengenai kendala dan prospek usaha akan disajikan melalui hasil SE 2016. Secara jelas pemerintah akan mengetahui kendala-kendala yang dialami oleh pelaku usaha. Sehingga pemerintah dapat membuat kebijakan ataupun regulasi yang sejalan dengan harapan pelaku usaha untuk menyelesaikan masalah dalam aktivitas ekonominya.

Kebijakan-kebijakan pro dunia usaha ini penting karena ujung tombak pertumbuhan ekonomi regional tergantung pada stabilitas kegiatan dunia usaha. Jika stabilitas kegiatan ekonomi regional ini sudah terbentuk, maka iklim investasi menjadi lebih sehat sehingga bisa menarik investor untuk mengembangkan ekonominya di daerah tersebut. Riset dan kajian-kajian mengenai kegiatan ekonomi lainnya dapat dilakukan untuk kebutuhan perencanaan serta pengambilan keputusan dalam hal pembangunan daerah.

Keberhasilan pembangunan nasional dimulai dari pembangunan daerah secara bertahap dan berkesinambungan. Sedangkan, keberhasilan pembangunan daerah merupakan buah dari analisa masalah, perencanaan dan eksekusi kebijakan di lapangan dengan niat mulia mensejahterakan masyarakat.

Untuk Pelaku Usaha

BACA JUGA :  Implementasi Wewenang Hakim Dalam Memutuskan Perkara

Data hasil SE 2016 dapat dimanfaatkan oleh siapa saja untuk analisa ekonomi. Pelaku usaha sebagai subjek dalam roda perputaran perekonomian dapat secara aktif memanfaatkan data hasil SE 2016 tersebut. Melalui data hasil SE 2016 pengusaha dapat mengetahui posisi serta daya saing usahanya. Dalam percaturan di sektor usaha-nya posisi perusahaanya sudah menjadi perusahaan yang menguasai pasar atau masih menjadi follower.

Dengan mengamati peta persebaran usaha juga akan terlihat persaingan bisnis dalam suatu wilayah. Sehingga pengusaha atau investor dapat memetakan investasi usaha yang cocok pada wilayah tersebut. Ekspansi pasarpun bisa dilakukan oleh pengusaha dengan mengamati data sebaran pangsa pasar hasil SE 2016 sehingga dapat dimanfaatkan untuk memperbesar peluang promosi dari produk atau jasa yang dijual.

Dukungan untuk SE 2016

Hajatan besar SE 2016 ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Semua stakeholder memegang peranan penting dalam kegiatan ini. Pemerintah, Pelaku Usaha, Perhimpunan Pengusaha, dan masyarakat diharapkan menyampaikan informasi satu sama lain mengenai urgensi SE 2016 ini untuk pembangunan ekonomi. Kesadaran mengenai pentingnya data ekonomi untuk pembangunan ekonomi ini sepatutnya terus kita edukasikan sehingga cita-cita untuk masyarakat yang sejahtera dan berdaya saing menjadi terwujud.

penulis

penulis

Dukungan yang diharapkan dalam pelaksanaan SE 2016 ini tidak lain adalah dengan menerima petugas SE 2016 yang datang meminta informasi mengenai usahanya dan memberikan informasi mengenai kegiatan usahanya dengan benar. Kita dukung dan sukseskan sensus ekonomi 2016, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan ekonomi bangsa. (*)

*Pegawai Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton Utara. Jabatan Saat ini Koordinator Seksi Statistik Distribusi

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top