Rajin Menyikat Tapi Gigi Masih Bermasalah? Ini Penjelasan Ahlinya – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Rajin Menyikat Tapi Gigi Masih Bermasalah? Ini Penjelasan Ahlinya

Ilustrasi Sikat Gigi

Ilustrasi Sikat Gigi

KENDARINEWS.COM Menyikat gigi adalah rutinitas sejak kita Balita, tapi apakah anda sudah tahu cara menyikat gigi yang baik dan benar? “Banyak sekali pasien datang ke klinik saya dengan keluhan gigi ngilu atau gigi masih banyak berlobang atau caries. Padahal pasien tersebut sangat rajin menyikat giginya.

Ini membuktikan tidak ada jaminan antara rajin menyikat gigi  pasti giginya tidak bermasalah. Bisa saja cara menyikat gigi-nya salah atau alat sikat gigi-nya tidak tepat,” ujar drg Sanil.

Untuk menyikat gigi, yang perlu diperhatikan;

1. Alat sikat gigi idealnya memakai bulu sikat “lembut” untuk mencegah erosi enamel, dan traumatik jaringan gingiva gusi. Juga sebisanya memilih sikat gigi dengan gagang bersudut (tidak lurus). Ujung sikat gigi yang akan masuk dalam mulut mengecil/lancip sehingga bisa menjangkau sampai di gigi-gigi bagian belakang.

BACA JUGA :  Hanya 30 Menit, Gigi Bisa Putih

2. Sikat gigi selesai dipakai dibilas dengan air bersih dan disimpan dengan meletakkan tegak lurus dengan posisi bulu sikat di atas. Apabila sikat gigi ditutup pakai “cover”, pastikan cover-nya selalu kering dan bersih untuk mencegah bakteri.

3. Perhatikan bulu sikat gigi. Apabila sudah “mekar”, diganti dengan yang baru.

4. Menyikat gigi tidak boleh memakai tekanan terlalu keras, karena akan merusak lapisan email gigi dan juga bisa membuat iritasi atau erosi dari gusi (biasanya kalau menyikat gigi terlalu keras akan mengakibatkan gigi-gigi ngilu dan gusi gampang berdarah).

BACA JUGA :  Coba Makanan Ini Agar Tidak Cepat Pikun

5. Arah dari cara menyikat gigi sangat perlu diperhatikan. Kalau keadaan gigi anda sudah terjadi erosi leher gigi, atau gusi sudah turun maka perlu diubah cara sikat giginya.

6. Pasta gigi sudah sangat banyak tersedia di pasaran. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan masing-masing. Dengan kata lain kalau anda selalu merasa ngilu di gigi maka pakailah pasta gigi yang anti hipersensitif. Untuk perokok berat sdh tersedia pasta gigi untuk “smokers”.

Jika anda bermasalah dengan bau mulut, sudah tersedia produk pasta gigi-nya. Untuk pasta gigi buat anak anak sangat beragam rasa. Khusus Balita atau bayi harus pakai produk pasta gigi tanpa fluoride, dan aman untuk tertelan. Ada produk pasta gigi yang bagus buat bayi namanya “first teeth” sangat bagus untuk bayi usia 3 bulan ke atas.

BACA JUGA :  Awas Udang Montok karena Disuntik Jelly...!

7. Sebaiknya sebelum melalukan sikat gigi, dahului dengan tindakan “FLOSS GIGI”. Pembersihan sela gigi dengan benang gigi, tujuannya supaya fungsi pasta gigi akan lebih maksimal masuk ke sela-sela gigi.

8. Usahakan minimal 3x dalam seminggu melakukan pembersihan lidah dengan alat ‘Tounge Cleaner’.(har)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top