Hati-hati! Gelombang Laut Capai Lima Meter – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Hati-hati! Gelombang Laut Capai Lima Meter

KENDARINEWS.COM, KENDARI-Para pengguna jasa transportasi laut dan nelayan harus waspada dalam beberapa hari ke depan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultra mengeluarkan peringatan dini (early warning) akan terjadi cuaca buruk pada perairan Sulawesi Tenggara dan sekitarnya.Tinggi gelombang diprediksi mencapai 3-5 meter mulai hari ini, Selasa (26/1). Kondisi itu diperkirakan akan terjadi hingga empat hari ke depan.

grafis kapal ombak

Kasi Observasi dan Informasi BMKG Sultra, Aris Yunatas mengatakan, ada empat perairan di Sultra akan mengalami kondisi ekstrem tersebut yakni perairan Bau-Bau, Menui-Kendari, Wakatobi, dan laut banda timur. Berdasarkan data model prakiraan tinggi gelombang menunjukkan hampir seluruh wilayah perairan Sultra mengalami cuaca buruk. Hal tersebut disebabkan angin barat berada dalam fase atau kondisi maksimum. Kondisi tersebut diprediksi akan belangsung hingga bulan Februari mendatang.

BACA JUGA :  KM Sidrayani Terbakar, 300 Karung Beras Ludes

Selain itu, kata dia, adanya low pressure area (LPA) atau daerah tekanan rendah di sebelah selatan Nusa Tenggara Timur, berdampak terhadap tinggi gelombang di perairan Sultra. pihaknya juga telah menyampaikan kepada Syahbandar terkait prakiraan tersebut. “Pemicu tingginya gelombang apabila angin permukaan cukup kencang di wilayah perairan, maka dampaknya adalah potensi tinggi gelombang,” ujar Aris Yunatas, kemarin.

BACA JUGA :  Hati-hati ada Pekerjaan Jalan, Itu Himbauan Kasat Lantas

Kasi Penyelamatan Syahbandar Sultra, Rahim mengatakan, informasi prakiraan tersebut telah didapatkan. Kendati demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah akan mengeluarkan surat edaran penundaan pelayaran di empat perairan rawan itu atau tidak. “Kami telah kami sampaikan kepada seluruh armada dan nelayan yang melintas di perairan tersebut agar berhati-hati,” ujar Rahim.

Pihak Syahbandar masih menunggu rilis prakiraan BMKG Sultra pada hari ini untuk mengeluarkan keputusan larangan berlayar. Menurut Rahim, cuaca masih bisa berubah kapan saja. “Kalau masih rawan, pasti kami akan mengeluarkan surat penundaan pelayaran, sambil menunggu cuaca kembali stabil. Kami selalu koordinasi setiap waktu dengan BMKG terkait kondisi cuaca di perairan Sultra,” katanya.

BACA JUGA :  Banyak Perusahaan Abal-Abal di Kendari

Kepala Kantor SAR Sultra, Amiruddin juga telah mendapatkan informasi dari BMKG Sultra. Pihaknya selalu siaga 24 jam mengantisipipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Kami selalu siap dengan kondisi itu. Kami meningkatkan kesiapsiagaan baik personil maupun kapal,” katanya. (p1/had/JP/b)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top