Penggunaan Pelumas Justru Hambat Gerak Sperma – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Kesehatan

Penggunaan Pelumas Justru Hambat Gerak Sperma

Ilustrasi sperma

KENDARINEWS.COM Pelumas atau pelicin alias lubrikasi umum digunakan saat berhubungan intim untuk mengurangi gesekan di antara kedua organ genital. Namun ternyata, pelumas yang memperlancar gesekan justru menghambat pergerakan sperma.

‘’Pelicin yang banyak dijual bukan jenis pelicin yang bisa dipakai oleh pasangan yang sedang ingin punya keturunan. Pasangan bisa menggunakannya untuk kenikmatan seksual. Tapi jika menginginkan kehamilan, maka mereka tidak akan berhasil jika menggunakannya,’’ kata peneliti dari State University of New York, Kazim R Chohan, seperti dilansir lamani Reuters.

BACA JUGA :  8 Makanan Sehat Untuk Musim Dingin

Ini tentu sebuah ironi. Karena produk-produk pelumas tersebut diklaim justru bisa meningkatkan kenyamanan bercinta sekaligus peluang kehamilan. Padahal sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis pelumas bisa menghambat pergerakan sel-sel sperma.

Secara umum, pelumas banyak dipakai oleh para pasangan untuk mengatasi vagina kering yang membuat aktivitas bercinta menjadi tidak nyaman. Laki-laki kadang menggunakannya sendiri saat melakukan masturbasi, termasuk untuk keperluan pengumpulan sperma di laboratorium bayi tabung.

BACA JUGA :  Lebih 7.000 Bayi Meninggal Setiap Hari

Hasil pengamatan di laboratorium menunjukkan, pergerakan sperma berkurang drastis saat bercampur dengan salah satu dari 5 produk pelumas dan 5 jenis minyak alami. Hal itu diketahui dari sampel sperma dari 22 donor sehat yang diamati selama 1 jam dalam kondisi terpapar oleh masing-masing produk.

Dua dari 5 jenis pelumas yang dimaksud Kazim saat ini sudah ditarik dari peredaran. Untuk bisa diedarkan lagi, Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat mensyaratkan data tambahan untuk kedua produk itu. (nhk)

BACA JUGA :  Kurang Tidur, Otak Jadi Kendur

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top