Wow! 200 Paket Proyek Siap Dilelang,18 Februari Kontrak Massal – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Wow! 200 Paket Proyek Siap Dilelang,18 Februari Kontrak Massal

KENDARINEWS.COM, KENDARI– Belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, pemerintah tak mau lagi bermasalah dengan rendahnya angka serapan anggaran. Makanya, tahapan lelang pengadaan barang dan jasa dipercepat. Bila sebelumnya, proses lelang baru dimulai paling cepat pada bulan Maret dan April, maka 2016 ini dimulai bulan Januari. Apalagi pemerintah berencana melakukan penandatangan kontrak massal pada tanggal 18 Februari mendatang.

Untuk tahap awal, paket yang akan ditandatangani sebanyak 200 paket. Sebagian besar paket ini diprioritaskan untuk kegiatan fisik dan pengadaan barang. Selain mempercepat pembangunan infrastruktur, masa penayangan lelang fisik dan pengadaan barang hanya berlangsung sekitar 14 hari. Sementara paket perencanaan selama 20 hari hingga sebulan.

BACA JUGA :  10 Kecamatan Berebut Tiket ke Ajang MTQ Provinsi

“Kemarin, gubernur telah mengistruksikan seluruh SKPD memersiapkan paket yang akan dilelang. Beberapa dinas sudah mulai memasukan. Terbanyak berasal dari Dinas Pekerjaan Umum (PU). Kemungkinan besar, dalam beberapa hari terakhir ini, sejumlah SKPD lain akan menyusul. Saat ini, mereka tengah menyiapkan data termasuk menghitung Harga Perkiraan Sendiri (HPS),” kata Dr Ronny Yakob, Kepala Biro Layanan Pengadaan (BLP) Sultra, kemarin.

Saat ini menurut mantan Kabid Sosial Budaya (Sosbud) Bappeda Sultra, jumlah paket yang dilelang baru sekitar 11 paket. Namun mulai pekan depan, angkanya akan meningkat signifikan. Pemerintah telah menyiapkan sekitar 200 paket yang akan lelang. Sebab tanggal 18 Februari, pemerintah akan melakukan penandatanganan kontrak massal. Makanya, paket-paket yang berkasnya sudah lengkap akan ditayangkan BLP.

BACA JUGA :  Kapolda Sultra : Pejabat Baru agar Segera Tuntaskan Kasus Lama

Dengan waktu yang tersisa, mantan Kabid Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) ini optimis penandatangan kontrak 200 paket bisa dilaksanakan. Apalagi berkas yang akan ditanyakan banyak yang sudah lengkap. Makanya, mulai hari ini hingga pekan depan tim Pokja akan disibukan dengan penayangan paket.

Sesuai target pemerintah, proses lelang pengadaan barang dan jasa harus rampung pada bulan Maret. Makanya, gubernur meminta agar SKPD segera menyiapkan seluruh paketnya, bukan hanya paket yang akan dikontrakan tanggal 18 Februari. Ronny pun menjamin proses lelang pengadaan barang dan jasa berlangsung fair. Apalagi prosesnya dilakukan secara transparan sehingga lebih akuntabel. Makanya, ia pun membantah adanya praktek kolusi dan nepotisme. Sebab yang menentukan pemenang tender adalah sistem. (c/mal)

BACA JUGA :  Razia Kos-Kosan, 18 Orang Positif Pengguna Narkoba

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top