Pariwara
HEADLINE NEWS

Menteri Sosial Khofifah Santuni Mantan Pengikut Gafatar Rp 300 Ribu/Bulan

khofifah

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Sosial akan memberikan bantuan jaminan hidup (jadup) bagi mantan pengikut Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang saat ini masih berada di tempat penampungan menunggu evakuasi.

“Jadup diberikan selama 30 hari, per hari Rp 10.000 jadi per jiwa Rp 300.000. Insya Allah akan diberikan di kapal,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa kepada redaksi, Jumat (22/1).

Menurut Khofifah, jadup diberikan maksimal selama 90 hari untuk membantu pengungsi. Selain itu, saat ini sudah didistribusikan 30 ton beras dari cadangan beras pemerintah ke lokasi penampungan eks Gafatar karena stok Bulog setempat sudah menipis.

Dia menjelaskan, penyaluran logistik tergantung pada kebutuhan karena dalam penanganan mantan anggota Gafatar digunakan standar kategori bencana nasional. Sesuai aturan, bupati dan wali kota dapat mengeluarkan sampai 100 ton cadangan beras pemerintah dan gubernur menyalurkan hingga 200 ton.

Jika kebutuhan tersebut belum mencukupi, maka di atas 200 ton bisa dikeluarkan oleh Menteri Sosial.

“Yang penting sirkulasi logistik ini jangan sampai lewat artinya kesinambungan pemenuhan logistik harus dijaga,” ujar Khofifah.

Menurut data Dinsos setempat, 2.164 mantan anggota Gafatar ditampung di dua titik penampungan sementara di Pontianak yaitu di Yon Bekangdam XII Tanjungpura Pontianak dan Kompi B 643 Kubu Raya. [wah/rmol]


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top