Presiden Jokowi Janji Rampungkan Pembangunan Mandalika – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Presiden Jokowi Janji Rampungkan Pembangunan Mandalika

Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja untuk meninjau pembangunan Midalika di Lombok Nusa Tenggara Barat

Presiden Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja untuk meninjau pembangunan Midalika di Lombok Nusa Tenggara Barat

KENDARINEWS.COM, LOMBOK – Mandalika di Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) cukup istimewa. Pada bulan Juni 2014 pemerintahan SBY menetapkan Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sementara di tahun 2015, pemerintahan Joko Widodo menetapkannya sebagai satu dari 10 tujuan wisata baru.

Mandalika diharapkan memberikan sumbangan signifikan terhadap target kunjungan wisatawan asing sebesar 20 juta pada 2019 yang dicanangkan pemerintah.

Rilis Panitia HPN 2016 menyebutkan bahwa dalam pertemuan dengan komponen pendukung dan Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2016 di Istana Negara, Rabu (20/1) Presiden Jokowi berjanji akan merampungkan proses pembangunan Mandalika. Hadir dalam pertemuan itu Wakil Gubernur NTB Muhammad Alie.

HPN yang merupakan perhelatan terbesar insan pers nasional akan digelar di Lombok, NTB, bulan depan. Panitia HPN 2016 telah memutuskan puncak acara akan diselenggarakan di Pantai Mandalika, persis di lahan yang akan digunakan sebagai lokasi pembangunan Politeknik Pariwisata NTB.

BACA JUGA :  Jangan Adu Domba Jokowi-JK!!

Dalam puncak acara HPN 2016 itu Presiden Jokowi diharapkan datang, selain untuk memberikan sambutan dan beramah tamah dengan masyarakat pers Indonesia, juga untuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan di NTB, termasuk di dalamnya pabrik gula dan bendungan.

KEK Mandalika memiliki luas 1.035,67 ha dan  terletak di wilayah Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

“(Pembangunan Mandalika) pasti akan dirampungkan. Sudah dua kali dikunjungi Presiden dan Wakil Presiden, pasti rampung,” ujar Jokowi.

Jokowi berkunjung ke Mandalika pada bulan April 2015 lalu. Ketika itu, Jokowi mengatakan pemerintah sudah menggelontorkan dana sebesar Rp 250 miliar kepada Indonesia Tourism, Development Corporation (ITDC) yang mengeloka KEK Mandalika. Dalam kesempatan yang sama Jokowi juga berjanji akan menambah dana pembangunan KEK Mandalika sebesar 1,8 triliun. Dana sebanyak itu akan digunakan untuk mendukung pembangunan infrastruktur dasar demi menarik investor masuk.

BACA JUGA :  Jokowi di Istana, Prabowo Naik Kuda

Desember 2015 giliran Wakil Presiden Jusuf Kalla yang berkunjung ke Mandalika untuk meninjau pembangunan sejumlah resort wisata.

Menurut JK ketika itu, proyek pembangunan Mandalika sudah mangkrak sekitar 25 tahun. Namun macet karena krisis ekonomi yang melanda pada 1997-1998. Di tahun 2008 keinginan membangun Mandalika kembali terhambat karena krisis. Sementara kini, menurut JK, situasi ekonomi sudah mulai membaik, sehingga pemerintah bertekad melanjutkan pembangunan Mandalika.

Sebelumnya, di awal November 2015, Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli juga telah menegaskan tekad pemerintah membangun Mandalika. Rizal mengatakan, pembangunan Mandalika sebagai salah satu tujuan wisata dengan sendirinya akan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

BACA JUGA :  Angin Reshuffle Makin Kencang, Ini Gosip yang Beredar

“Turisme adalah tool yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Semua sektor akan bergerak,” ujar Rizal Ramli saat berbicara di Kick Off HPN 2016 di Jakarta.

Dalam kesempatan pertemuan dengan komponen pendukung dan Panitia HPN 2016, Jokowi juga menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan di NTB. Jokowi mengatakan bahwa untuk tahun 2015, NTB merupakan provinsi di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan tertinggi.

Hadir dalam pertemuan itu Penanggung Jawab HPN 2016 Margiono dan Ketua Pelaksana Teguh Santosa. Juga Ketua Dewan Pers Bagir Manan dan Ketua Umum Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI) Ishadi Sk.

Jokowi juga mengatakan, puncak acara HPN 2016 di Mandalika sudah tepat. Karena itu dirinya berjanji akan datang, dan telah menyiapkan waktu khusus untuk memenuhi undangan Panitia HPN 2016. [dem]

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top