Kulit Gatal, Jangan Asal Garuk – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Kulit Gatal, Jangan Asal Garuk

Ilustrasi. Foto: Int

Ilustrasi. Foto: Int

KENDARINEWS.COM Jangan remehkan rasa gatal pada kulit. Tidak sedikit dari kita yang belum mengetahui secara pasti penyebab gatal tersebut. Padahal mengetahui penyebab gatal akan mempermudah mengatasi dan mencegah agar gatal itu tidak datang lagi.

‘’Menggaruk bukan solusi untuk gatal yang timbul. Justru sebaliknya, hal tersebut membuat bagian yang gatal akan menjadi semakin terasa gatal. Dengan menggaruk kulit tubuh yang gatal bisa membuatnya luka bahkan infeksi,” ujar dokter Halidina Marchamah seperti dilansir JPNN (Kendari Pos Group).

Dokter umum yang akrab disapa Dina ini juga membagi kiat untuk mengatasi gatal. Tipsnya, kompres bagian yang gatal dengan air dingin, lebih baik mengusap daripada menggaruk. Kurangi makan pedas, kafein, dan alkohol.

BACA JUGA :  Bangun Pagi Sangat Baik untuk Otak

“Juga jangan lupa potong kuku dan jaga kebersihan kuku. Oleskan dengan lotion agar kulit tetap lembab. Serta hindari pakaian dengan bahan yang dapat menimbulkan rasa gatal, lebih rileks, dan kelola stres dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, mengenali penyebab gatal sangatlah penting. Selain gigitan serangga ada banyak hal lain yang menyebabkan gatal. Misalkan, penyakit tertentu seperti eksim, kudis, psoriasis, kulit kering, gangguan saraf, reaksi alergi, masa-masa kehamilan karena perubahan hormon, dan gigitan serangga.

BACA JUGA :  4 Tips Mengurangi Stress

Hal itu, terjadi karena ketika menggaruk, otak akan memproduksi hormon serotonin yang membuat seseorang merasa semakin gatal. Menggaruk memang dapat meredakan rasa gatal seketika diikuti dengan timbulnya rasa sakit ringan. Namun, saat tubuh merespons sinyal rasa sakit tersebut, rasa gatal akan semakin parah.

“Penanggulangan gatal yang tepat bergantung dari faktor penyebabnya. Jika gatal berlebih ada baiknya segera diperiksa lebih lanjut,” harap dokter yang berdinas di Puskesmas Batu Ampar, Balikpapan, Kalimantan Timur ini. (nhk)

BACA JUGA :  Kurang Tidur, Otak Jadi Kendur

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top