Fenomena Langka, Lima Planet Akan Berbaris Sejajar – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Fenomena Langka, Lima Planet Akan Berbaris Sejajar

Mulai Kamis (21/1) hingga 20 Februari 2016, lima planet ini akan tampak sejajar di langit dari arah Timur hingga ke Utara. (ABC/AUSTRALIA PLUS)

Mulai Kamis (21/1) hingga 20 Februari 2016, lima planet ini akan tampak sejajar di langit dari arah Timur hingga ke Utara. (ABC/AUSTRALIA PLUS)

KENDARINEWS.COM, MELBOURNE – Fenomena langka alam semesta akan terjadi mulai Kamis (21/1) ketika lima planet akan membentuk satu garis lurus dan dapat dilihat dengan mata telanjang di malam hari. Fenomena yang akan berlangsung hingga 20 Februari ini, merupakan yang pertama kali sejak tahun 2005.

Kelima planet tersebut adalah Mercurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus akan tampak dengan mata sekitar satu jam sebelum mata hari terbit, mulai dari utara hingga ke Timur. Demikian dijelaskan oleh Astronom dari Museum Victoria, Dr Tanya Hill.

Planet yang lain yakni Neptunus dan Uranus serta planet kerdil Pluto tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, tapi menurut Dr Hill kelima planet yang bersinar terang ini telah diamati sejak zaman dahulu kala.

“Hanya ada segelintir hal luar biasa yang bisa dilihat di langit pada malam hari dengan tanpa bantuan alat apapun,” kata Dr Alan Duffy, dari Swinburne University.

Akan ada jendela untuk melihat fenomena astronomi langka ini antara 5:30-05:40 (EDT) pada 20 Januari, 05:00-06:00 20 Februari yang diperkirakan akan berlangsung sampai satu jam.

Dr Duffy menyarankan bagi warga yang hendak melihat langsung kelima planet ini untuk menemukan cakrawala yang jernih dan langit gelap, yang akan mudah didapati di luar kita, dan untuk mendapatkan pemandangan terbaik cobalah untuk berusaha melihatnya lebih dari satu kali di pagi hari.

Dr Hill mengatakan Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus pernah juga muncul bersama sejak awal tahun dan sekarang akan bergabung dengan Mercury, yang akan bertransisi dari malam ke objek pagi.

“Pada awalnya akan tampil cukup rendah di ufuk timur dan semua planet itu akan terlihat dengan samar, sehingga akan sulit untuk melihatnya ketika baru muncul,” kata Dr Hill.

“Namun, Mercury akan terus meningkat lebih tinggi setiap pagi dan pada awal Februari planet ini akan berada tepat di bawah planet Venus yang terang.”

Urutan planet-planet ini tidak akan sama dengan urutan mereka dari Matahari

Bermula dari arah Timur langit, Merkurius (1) dan Venus (2) akan muncul berurutan, kemudian Saturnus (6) diikuti oleh planet Mars yang berwarna kemerahan (4), dan terakhir planet terbesar dalam sistem tata surya – Jupiter baru akan muncul dalam garis lurus tersebut.

Garis yang dibentuk oleh planet ini mengikuti jalur matahari di langit, garis inilah yang disebut ekliptika, jelas Dr Hill.

“Jalan ini menandai bidang tata surya kita, ini merupakan bukti visual kalau planet-planet, termasuk bumi, semua orbit Matahari akan berjalan dibidang yang sama,” katanya.

Untuk membantu mengidentifikasi planet-planet ini, Dr Hill mengatakan bulan akan berjalan melewati masing-masing planet ini satu kali putaran, dimulai dari Jupiter pada 28 January dan diakhiri di planet Merkurius pada 7 Februari.

Dr Hill mengatakan kelima planet ini akan kembali berada dalam satu garis lurus pada bulan Agustus, dan baru akan terjadi lagi pada Oktober 2018. (Australia Plus)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top