Siap-Siap, Ada Mutasi Besar-Besaran di Lingkup Pemprov Sultra – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Siap-Siap, Ada Mutasi Besar-Besaran di Lingkup Pemprov Sultra

Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata

Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata

KENDARINEWS.COM, KENDARI Rotasi pejabat di lingkup Pemprov Sultra kali ini terbilang cukup besar. Dari hasil rapat evaluasi jabatan struktural, terdapat 47 pejabat yang telah memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) atau 58-59 tahun . Sebanyak 15 diantaranya menduduki jabatan eselon II selebihnya menjabat eselon III. Hanya saja, kapan pergantian besar-besaran jabatan strategis belum ditentukan.

Wakil Gubernur Sultra, H.M. Saleh Lasata yang dikonfirmasi tak membantahnya. Namun ia menyerahkan persoalan mutasi itu langsung ke Gubernur Sultra, H. Nur Alam. Menurut mantan Bupati Muna ini, mekanisme pergantian jabatan eselon II dan III merupakan hak prerogatif gubernur. Sebab posisi Wagub hanya sekadar memberi masukan dan pertimbangan.  “Memang benar, ada sekitar 47 jabatan yang dipastikan akan lowong. Kebanyakan mereka sudah memasuki BUP. Makanya, harus segera diganti. Ada 15 menduduki jabatan eselon II dan 32 jabatan eselon III,” beber HM Saleh Lasata, kemarin.

BACA JUGA :  1,37 Juta PNS dari SMA, SMP dan SMA Akan di Pensiun Dini-kan

Apakah ada pejabat eselon II yang diganti (nonjob), Ia memastikan hal itu tak bisa dihindari. Hanya saja, keputusannya semua tergantung pimpinan. Sebab masa kerja mereka yang memasuki usia 58 tahun masih bisa diperpanjang dua tahun lagi. Namun bila tidak, maka posisinya akan diganti dengan pejabat baru.

“Kalau ada informasi yang menyebutkan lima pejabat eselon II nonjob, bisa saja. Apalagi jumlah pejabat yang memasuki BUP cukup banyak. Namun semuanya tergantung kebijakan pimpinan. Terlebih gubernur berencana ingin memberi kesempatan bagi pejabat eselon III yang dianggapnya cukup layak untuk promosi ke eselon II,” kata mantan anggota DPRD Sultra ini.

BACA JUGA :  Catat!! Usia 35 Tahun Keatas Tidak Bisa Ikut Tes CPNS

Siapa pejabat yang dipromosi atau diparkir katanya tergantung kapasitas dan kapabilitasnya. Pasalnya, gubernur telah memberi sinyal proses mutasi kali ini akan menggunakan metode lelang jabatan. Makanya, ia tidak ingin menebak-nebak siapa pejabat yang akan dimutasi.

“Maaf, saya tidak bisa menerka-nerka. Pastinya, kita tunggu saja kebijakan gubernur. Cepat atau lambat akan dilaksanakan. Bisa akhir Januari, bisa juga bulan Februari,” pungkas Wagub dua periode ini. (c/mal)

BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2017, Menteri Yuddy Beri Warning PNS

Komentar

komentar

1 Comment

1 Comment

  1. nurbuat

    15 Feb 16 10:01 at 10:01

    promosi mutasi di pemprov sultra tidak memperhatikan duk dan kompetensi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top