Bayi Lahir Prematur Berisiko Gagal Jantung – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Bayi Lahir Prematur Berisiko Gagal Jantung

baby_incubator_gereports

KENDARINEWS.COM Bayi prematur memang lebih rentan terkena penyakit. Karena terlahir lebih cepat dibanding bayi lain pada umumnya, mereka berisiko memiliki gangguan kecerdasan, pernapasan, hingga pendengaran. Penelitian juga menemukan adanya risiko gagal jantung saat dewasa.

‘’Kami ingin memahami mengapa hal ini terjadi sehingga kita dapat mengidentifikasi kelompok kecil pasien lahir prematur, yang mungkin perlu saran dari penyedia layanan kesehatan tentang risiko kardiovaskular ini,’’ kata peneliti profesor kardiologi di University of Oxford, Paul Leeson, seperti yang dilansir laman CBS News.

Sebuah penelitian belum lama ini yang dimuat jurnal Circulation menemukan, orang dewasa berusia 20 tahun yang terlahir prematur, memiliki lebih banyak masalah dengan ventrikel jantungnya sebelah kanan. Gangguan ini dapat mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah.
Orang dengan struktur ventrikel kanan seperti ini, menurut Leeson, cenderung memiliki kasus tekanan darah tinggi mulai ringan sampai sedang. Mereka juga lebih berisiko mengalami gagal jantung atau kematian terkait penyakit jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA :  Fakta Unik tentang Sperma

‘’Apabila dibandingkan dengan yang lahir pada jangka waktu penuh, mereka yang lahir prematur jantungnya tampak sedikit lebih kecil, dengan dinding sedikit lebih tebal, dan ada sedikit penurunan dari darah yang dipompa,’’ kata Leeson.

Diperkirakan, sebanyak 10 persen orang dewasa muda yang ada saat ini dilahirkan prematur. Untuk mengurangi risiko bayi lahir prematur, ibu hamil perlu menghindari faktor risikonya, yaitu merokok, minum alkohol, masalah kesehatan kronis seperti diabetes, hipertensi, dan infeksi.

BACA JUGA :  Ingat Ya, Terlalu Lama Duduk bisa Sebabkan Sakit Jantung

Leeson menerangkan, jantung manusia terdiri dari 4 ruang, atrium kanan dan kiri yang menerima dan mengumpulkan darah, lalu ada ventrikel kanan dan kiri yang bertugas memompa darah dari jantung ke dalam sistem peredaran darah dan seluruh tubuh.

Ventrikel pada sisi kanan jantung memompa darah dari jantung ke paru-paru. Sedangkan atrium kiri berfungsi menerima darah yang kaya oksigen dari paru-paru, kemudian dipompa keluar oleh ventrikel kiri ke arteri utama tubuh, aorta, lalu dikirim ke seluruh tubuh.

Dalam penelitian yang didanai oleh British Heart Foundation ini, para peneliti mengikuti sekelompok bayi prematur yang lahir pada tahun 1980 sampai berusia sekitar 25 tahun. Kesemuanya menjalani tes jantung untuk memeriksa tekanan darah dan kolesterol.

BACA JUGA :  Hati-Hati Sering Begadang, Gula Darah Jadi Naik

Para peserta ini juga diperiksa menggunakan mesin MRI untuk mengukur pembuluh darah dan struktur jantungnya. Peneliti kemudian menciptakan sebuah model komputer untuk menentukan berapa banyak darah yang dipompa dalam jantung para peserta.

Meski demikian, Leeson menegaskan bahwa orang dewasa yang dulunya terlahir prematur tak perlu panik, sebab sebagian besar di antaranya akan baik-baik saja. Namun orang yang lahir prematur bisa jadi lebih berisiko sehingga perlu pemantauan dokter.

Kehamilan umumnya berlangsung selama 40 minggu, walau waktunya dapat dapat bervariasi hingga 5 minggu dari yang diharapkan. Apabila seorang bayi dilahirkan saat usia kehamilan belum mencapai 37 minggu, maka bisa dikatakan dia terlahir prematur. (nhk)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top