Kemenkop Akan Bentuk Pengawas Koperasi – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Kemenkop Akan Bentuk Pengawas Koperasi

Logo Koperasi Indonesia

Logo Koperasi Indonesia

KENDARINEWS.COM, JAKARTA – Jumlah koperasi di Indonesia, derdasarkan data per Desember 2014, sebanyak 209.488 dengan jumlah koperasi aktif sebanyak 147.249 unit dan jumlah koperasi tidak aktif sebanyak 62.239 unit. Dari total Koperasi yang aktif tercatat sebanyak 110.189 unit koperasi yang menjalankan kegiatan simpan pinjam dan jasa keuangan syariah.

Dari total Koperasi yang menjalankan kegiatan simpan pinjam dan jasa keuangan syariah tercatat  hanya 77.133 unit yang aktif dan 51.873 unit yang melaksanakan RAT. Dari data tersebut dapat dilihat pertumbuhan koperasi yang aktif juga diikuti oleh peningkatan koperasi yang tidak aktif.

BACA JUGA :  Maxcell Kendari Sediakan Voucher Belanja Bagi Pelanggan

“Selain itu tercatat juga jumlah koperasi yang melakukan jasa simpan pinjam yang tentunya memerlukan suatu pengawasan kesehatan usaha yang baik,” kata Deputi Bidang Pengawasan Kementrian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring, dalam keterangan beberapa saat lalu (Rabu, 13/1).

Oleh karena itu, lanjut Meliadi, sangat disayangkan jika koperasi hanya bertumbuh secara kuantitas dan bukan secara kualitas. Kini, sudah selayaknya pertumbuhan dan perkembangan koperasi-koperasi di Indonesia tertata dan terarah dengan baik, baik dari sisi kelembagaannya, anggotanya, dan keberlangsungan usahanya.

BACA JUGA :  Ekonom : Rokok Bukan Penyebab Kemiskinan

Untuk itu, Meliadi berharap bahwa dinas-dinas koperasi di daerah ikut membentuk bidang pengawasan koperasi secara fungsional. Dan tentu saja, Kementerian tidak mungkin melakukan pengawasan koperasi di seluruh Indonesia tanpa koordinasi dengan pemda setempat.

“Untuk itu juga kita akan koordinasi dengan Kemenpan-RB untuk bisa membantu membentuk bidang pengawasan koperasi di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota di seluruh Indonesia. Saat ini, kita sudah memiliki 3000-an Satgas Pengawas Koperasi di seluruh Indonesia,” demikian Meliadi. [ysa]

BACA JUGA :  OJK Dorong Perluasan Akses Keuangan UMKM

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top